Populasi Lutung di Lebak Turun Drastis

Media Indonesia 2009-06-23/Lingkungan

image

LEBAK-  Kehidupan populasi lutung ekor panjang di Kabupaten Lebak, Banten, terancam akibat ulah masyarakat setempat yang membuka ladang dan huma sehingga ruang geraknya semakin sempit.

Senin (22/6), Kamaruddin, petugas penyuluh Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Lebak, menyatakan selama lima tahun terakhir ini populasi lutung turun tajam akibat adanya pembukaan ladang.

Saat ini populasi lutung ekor panjang yang ada di Kecamatan Sajira, semakin terancam sehingga perlu adanya perlindungan ekosistem di habitatnya.

Sejauh ini, banyak masyarakat yang membuka hutan-hutan dijadikan lokasi ladang sehingga kehidupan satwa primatama itu terancam kelaparan. Bahkan, lutung berwarna hitam-hitam kini sudah tinggal di sekitar pohon besar di bantaran sungai Ciberang.

Diperkirakan populasi lutung ekor panjang antara 800-1.000 ekor tersebar di Desa Maraya, Sindang Sari, Calungbungur, dan Mekarsari, Kecamatan Sajira. Karena itu, pihaknya mengharapkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau pemerintah memberikan kepedulian terhadap lutung-lutung tersebut.

“Jika tidak ada kepedulian dipastikan populasi lutung ekor panjang sebagai kebanggaan warga Kabupaten Lebak terancam punah,” katanya.

Menurut Kamaruddin, tahun 1970-an jumlah populasi lutung ekor panjang di Kecamatan Sajira masih ribuan ekor, tersebar di hutan milik warga maupun hutan lindung. Selama ini, keberadaan lutung terkadang masuk ke pemukiman penduduk untuk mencari makanan apabila mereka kelaparan. Selain itu, juga terkadang menggigit warga akibat kelaparan itu.

Sebetulnya, lanjut dia, makanan lutung berupa dedaunan namun habitatnya menghilang kini beralih ke pisang atau buah-buahan.

“Saya berharap nasib mereka yang kini sangat memprihatinkan ada yang peduli terhadap satwa yang dilindungi itu,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: