Konsel Juara Peduli Lingkungan

Kendari Pos 2009-06-23/Hal 5 Bumi Anoa

Pemkab Konawe Selatan terus memperlihatkan eksistensinya dalam kepedulian terhadap lingkungan. Dengan usaha kerjanya selama ini, perangkat kerja dalam wilayah tersebut akhirnya mendapat penilaian khusus dari Departemen Kehutanan RI. 

Apresiasi ini muncul setalah Pemkab dianggap berhasil menekan angka kerusakan lingkungan, melakukan penghijaun kembali melaui penanaman sejuta pohon, termasuk pengembangan kaju jati pada hampir seluruh wilayah kecamatan.

Untuk itu, Dephut melalui Sekjen Bina Penyuluhan Lingkungan memberikan poin tertinggi atas kepedulian tersebut.

H. Imran, Bupati Konsel memberikan pernyataan saat menerima tim penilai Bina Lingkungan Dephut, kemarin bahwa Konawe Selatan telah dianggap berhasil mengurangi kerusakan hutan dengan memerangi illegal logging baik itu dalam hutan lindung, konservasi, ,HTI, dan kawasan lainnya.  Selain itu, operasi juga terus dilakukan dalam penangkapan kayu olahan tanpa izin. Ini semua merupakan satu kepedulian pemerintah bersama masyarakat.

Kalpataru Target Berikutnya

Penanaman sejuta pohon di Konsel sudah sering kali dilakukan, baik melalui Pemkab, Dinas Kehutanan, hingga tim PKK.

“Kawasan hutan di Konsel pada awalnya diakui sudah rusak berat, baik itu karena perambahan untuk membuka lahan perkebunan maupun pembalakan liar oleh masyarakat untuk kebutuhan industri. Tetapi semua itu mulai kami tekan hingga ketingkat bawah”, jelasnya.

Sementara itu, Kadishut Konsel, Muhlis M, menyatakan bahwa penilaian yang dilakukan Dephut atas kepedulian lingkungan tersebut tidak terlepas partisipasi dan kesadaran masyarakat itu sendiri

Selain itu, sejak awal tahun 2007 Bupati sudah tidak lagi mengeluarkan surat izin pengelolaan hutan.

“Prestasi ini akan dipertahankan dan di tingkatkan. Paling tidak ada piala Kalpataru untuk Konsel di masa akan datang”, pintanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: