Kasus Tambang SawahLunto, Polisi Periksa 11 Saksi

Media Indonesia 2009-06-23/e-Paper

Polisi sudah memeriksa 11 saksi terkait dengan kasus meledaknya tambang batu bara di SawahLunto, Sumatera Barat (15/6) Selasa, yang mengakibatkan 32 orang tewas.

Pemeriksaan para saksi dilakukan jajaran Polres SawahLunto, dibantu Diktorat Reserse Kriminal (Reskrim) Polda Sumbar serta tim Bareskrim dan Labfor Mabes Polri.

Ano Munarto, Kapolres SawahLunto menyatakan, polisi sudah memeriksa Kepala perusahaan pertambangan PT Dasrat dan CV Perdana, Dinas Pertambangan SawahLunto, serta saksi korban.

“Seluruhnya diperiksa sebagai saksi. Belum ada yang ditetapkan menjadi tersangka”, ungkapnya.

Menurut Ano Munarto, masih perlu memeriksa beberapa saksi lagi.

Sementara itu, Kepala Bisdang Humas Polda Sumbar, AKB Kawedar menyatakan, pihaknya untuk sementara masih mengupulkan bukti-bukti sebelum menetapkan tersangka.

“Memang di sebutkan bahwa tambang tersebut legal. Meski demikian, kita  menyelidiki apakah PT Dasrat  sebagai pemilik tambang maupun CV Perdana yang mengelolah  punya SOP (Standar Operasional Prosuder) keselamatan”, ungkapnya.

Dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang mendesak polisi agar segera melakukan penyelidikan dan penyidikan secara objektif dan fair.

Hal ini mengingat peristiwa ledakan tambang terjadi di duga bukan murni karena bencana alam atau kesalahan dari masyrakat penambang itu sendiri, melainkan ada dugaan keterlibatan pihak lain yang memfasilitasi, diuntungkan atau membiarkan kegiatan penambahan ini terjadi”, ungkap Koordinator Divisi HAM LBH Padang Vino Oktavia.

Menurut cacatan LBH Padang, ledakan dan kebakaran tambang batubara di SawahLunto telah mengakibatklan 46 tewas pada tahun 2002, 5 tewas tahun 2003, 2 tewas 2004, 3 tewas 2007, dan 4 orang tewas 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: