Cemara laut dan Ketaping Hijaukan Pantai Jakat

Kompas 2009-06-23/ Regional

BENGKULU- Senin (22/6), Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu bersama Pemerintah Kota Bengkulu, menghijaukan kawasan pantai Jakat dengan menanam 1.000 pohon pada rangkaian hari Lingkungan Hidup se-dunia, 5 Juni 2009.

Kepala BLH Provinsi Bengkulu, Surya Gani menyatakan bahwa, kawasan pantai Jakat yang merupakan lokasi pendaratan ikan dari kapal nelayan dihijaukan dengan tanaman cemara laut dan ketaping.

Penanaman pohon itu merupakan tema pelestarian lingkungan hidup untuk menyukseskan program pemerintah yang dikenal dengan “one man one tree” atau satu orang menanam satu pohon.

Atau dengan tema lain “Bersama selamatkan bumi dari perubahan iklim”, seluruh elemen masyarakat diajak untuk menjaga keberlanjutan lingkungan hidup demi masa depan.

“Bumi sedang berperang dengan perubahan iklim, pemanasan global, mari kita selamatkan bumi mulai dari diri kita sendiri dengan menanam pohon sehingga kecil menanam dewasa nanti memanen,” katanya.

Surya Gani, mengungkapkan selain menanam dan merawat pohon, menjaga lingkungan hidup dapat dilakukan dengan mengutamakan lingkungan dalam setiap program pembangunan.

Di tempat berbeda, Syamlan Lc, Wakil Gubernur Bengkulu meminta seluruh generasi harus berperan menjaga kelestarian lingkungan hidup yang sudah mengancam terjadinya krisis pangan dan krisis energi.

“Pembangunan yang ada saat ini sudah mengorbankan tata ruang sebagai sumber pangan dan energi, sehingga mengakibatkan krisis pangan dan krisis energi,” ujarnya.

Sementara itu, sambutan tertulis Menteri Negara Lingkungan Hidup Rahmat Witoelar yang dibacakan Wagub Bengkulu itu, juga menyerukan agar masyarakat melestarikan lingkungan khususnya kawasan konservasi baik darat maupun laut.

Hampir 65 persen masyarakat Indonesia bermukim di pesisir sehingga keselamatan terumbu karang di laut amat berperan menentukan kelangsungan masyarakat pesisir kita.

Usai mendengarkan sambutan dari Menteri LH, penanaman pohon dilakukan secara serentak oleh peserta yang terdiri dari pelajar, pegawai di dinas/instansi Kota Bengkulu, Kapolda Bengkulu, dan Danlanal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: