BLH Lakukan Pengawasan Pertambangan

Kompas 2009-06-23/Nusantara

BENGKULUBadan Lingkungan Hidup (BLH) Bengkulu akan melakukan pengawasan terhadap kehadiran perusahaan pertambangan seperti batu bara dan pertambangan emas yang beroperasi di daerah itu.

Senin (22/6), Kepala BLH Provinsi Bengkulu, Surya Gani di Bengkulu, bahwa pengawasan yang dilakukan terhadap kehadiran perusahaan tambang yang beroperasi di Bengkulu seperti tempat pembuangan limbah dan kerusakan lingkungan akibat pertambangan tersebut.

Surya mengatakan, kehadiran perusahaan tambang harus tetap dilakukan untuk mencegah kerusakaan lingkungan sejak dini agar Bengkulu terhindar dari pencemaran sungai dan kerusakan lingkungan hidup lainnya.

“Apabila perusahaan-perusahaan tambang tidak mempunyai Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan tidak menjalani ketentuan yang berlaku maka kami akan menindak secara tegas,” katanya.

Perusahaan tambang sepeti batu bara sangat rentan terhadap kerusakan lingkungan, terutama di daerah aliran sungai yang dekat dengan pemukiman sekitar tambang sebagai sarana untuk air bersih.

Selama tahun 2009, terhadap kehadiran perusahaan tambang dan emas di Bengkulu, meski belum terjadi pencemaran dan kerusakan lingkungan, pihak BLH akan terus melakukan pengawasan. Pihaknya juga terus melakukan pembinaan terhadap kehadiran perusahaan tambang agar tidak keluar dari ketentuan yang berlaku.

Selain itu, BLH Bengkulu melakukan pembinaan Adipura sehat dan bersih di setiap kabupaten/kota dan merupakan kewajiban agar masyarakat menjadi nyaman dan terhindar dari kerusakan lingkungan yang akibat pencemaran limbah padat dan limbah cair.

Surya juga menuturkan tentang, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 38 tahun 2007 tentang wewenang dan tanggung jawab bidang pengelolaan lingkungan hidup harus dijalankan dan melakukan pembinaan di 10 wilayah kabupaten/kota.
BLH juga menyosialisasikan aturan-aturan soal lingkungan hidup dan membina supaya setiap kabupaten/kota sehat dan bersih sejak dini.

“Pembinaan yang dilakukan seperti tempat akhir pembuangan sampah dan drainase pembuangan limbah rumah tangga merupakan prioritas agar lingkungan menjadi sehat dan bersih,” ujarnya.

Dengan melakukan pembinaan dan koordinasi di setiap kabupaten/kota akan menciptakan Provinsi Bengkulu menjadi sehat dan bersih dari sampah, limbah, dan pencemaran.

Surya menambahkan, sosilisasi dan pembinaan terus dilaksanakan hingga saat ini dan berharap Bengkulu menjadi daerah Adipura sehat dan bersih.

  “Penanggulangan harus secara dini, karena apabila telah terjadi kerusakan lingkungan untuk melakukan perbaikan membutuhkan waktu lama, tenaga, dan dana,” ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: