Ada Emas Dalam Batu?

Kendari Pos 2009-06-23/Hal 5 Bumi Anoa

Warga Raha dikejutkan dengan penemuan tambang yang diyakini mengandung emas. Mereka berbondong-bondong ke Desa Oensume, Duruka pada sebuah kebun milik La Dame yang mengakui mengetahui adanya kandungan emas di tanah melalui mimpi.

“Sembilan hari lalu dalam tidur saya bermimpi bertemu dengan seseorang. Orang itu sudah tua dan dia berkata kepada saya bahwa bikin apa duduk di rumah sementara di kebunmu ada sesuatu. Keesokan harinya saya ke langsung kebun untuk membuktikan. Syukurlah saya sudah dapat 4,4 gram”, ujarnya di kokasi penambangan.

Pada saat pertama kali mendulang, ia diliputi keraguaan karena menganggap mustahil ada emas di batuan.

“Kebuan saya semuanya batu. Ada tanahnya tapi hanya sedikit saja. Namun saat batu ini saya pecahkan, ternyata ada butiran-butiran emas dalam bongkahannya”, ujarnya.

Sekadar informasi, pecahan emas tersebut terdapat dalam batu yang berwarna kecoklat-coklatan. Meski belum ada penelitian khusus beberapa kandungan emasnya, namun seluruh masyarakat Muna telah datang untuk mencari mineral berharga itu.

Berdasarkan pantauan Kendari Pos di lapangan, sudah terlihat ratusan warga ikut menambang.

“Kalau Bombana, biar tanahnya kita pegang sudah ada butiran emas. Beda dengan di sini (Muna) adanya hanya di batu dan itu pun di atas gunung. Kita bukan menggali tapi memecahkan batu. Batu yang sudah berwarna coklat, situlah terdapat emas”, ungkap Adi seorang warga yang ikut mendulang.

Distamben Baru Akan Mengambil Sampel

Dari pihak Sekertaris Dinas Pertambangan Kabupaten Muna, LA Mei bahwa pihaknya belum melakukan uji sampel, apakah yang ada dalam batuan tersebut emas batu atau bukan.

Namun berdasarkan informasi dari masyarakat yang sudah melakukan penambangan, rata-rata mengaku emas.

“Kami baru akan mengambil sampel hari ini, dan selanjutnya akan di bawa ke Jakarta oleh Kadis. Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertambangan di Provinsi. Rencananya mereka akan turun ke Raha”, ujarnya kemarin.

Advertisements

4 Responses

  1. Mudah-mudahan dengan adanya emas di Raha dapat meningkatkan taraf hidup warga disana, dan warganya tidak lagi menjadi TKI keluar negeri. “INSYA ALLAH”.

  2. apakah cairan kimia apa yang digunakan untuk mengumpulkan emas dalam batu tersebut?

  3. Yuny… para penambang emas,biasa menggunakan caiarn mercuri, sejenis air raksa untuk mengumpulkan material emas yang terpisah.
    bila ini digunakan di sekitar daerah aliransungai, sungainya akan tercemar dan larut bersama kandungan air. jika air sungai itu dipakai mandi, maka yang mandi akan terkena penyakit kulit(sejenis kudis), dan jika dikonsumsi sebagaiair minum ,akan menimbulkan penyakit radang usus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: