TNK Diyakini Beri Keuntungan Lebih Besar

Kompas 2009-06-22/e-Paper:  Nusantara hal 24

Bandung-  Taman Nasional Komodo (TNK) di yakini mendatangkan keuntungan ekonomi lebih besar bila terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajiban Dunia. Namun, pemerintah tetap menjanjikan pengembangan TNK meskipun terpilih.

Minggu (21/6), Direktur Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar di Bandung, menyatakan terpilih atau tidaknya, TNK tetap mendapat perhatian utama karena tahun 1991 ditetapkan sebagai warisan dunia. Pembangunan infrastruktur dan kelangsungan hidup komodo akan tetap diperhatikan.

Namun, dia menyakini, bila terpilih, TNK akan memberikan nilai tambah ekonomi yang tinggi. Pemerintah Indonesia diyakini bisa mendapatkan devisa lebih besar dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan. Adapun masyrakat di sekitar TNK bisa mendapatkan mata pencaharian yang lebih beragam.

“Saat ini, rata-rata kunjungan ke TNK 22.000 wisatawan asing dan dometik per tahun. Namun, bila terpilih, kami menargetkan tingkat kunjungan tiga kali lipat per tahun”, ujarnya.

Selain itu, terpilih menjadi salah satu dari Tujuh Keajiban Dunia, dipastikan semakin meningkatkan semangat semua pihak dalam memperhatikan kelangsungan hidup komodo.

Jumlah hewan purba ini masih mencapai 2.500 ekor yang tersebar di tiga pulau di wilayah Kabupaten Manggarai Utara, NTT. Pulau itu adalah Komodo (33. 937 hektar), Rinca (19.625 hektar), dan Pdar (2.017 hektar).

“Perkembangan terakhir dukungan melalui voting di http://www.ne7wonders.com,TNK mendapatkan dukungan peringkat 8 dari 56 nominasi kategori hutan, taman nasional, dan reservasi alam.

Jumlah suara itu belum cukup memuluskan Indonesia menuju tiga besar untuk bersaing pada abak final tahun 2011. Angka target aman adalah 50.000-10.000 pemilih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: