Taman Nasional Komodo Masuk Nominasi Tujuh Keajaiban Dunia

Media Indonesia 2009-06-22/Lingkungan

BANDUNG  Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) Republik Indonesia terus menggelar kampanye mendukung Taman Nasional (TN ) Komodo masuk nominasi tujuh keajaiban dunia yang digelar pada event kampanye “New 7 Wonder of Nature.”

Esthy Reko, Direktur Sarana Promosi Depbudpar di Bandung, Senin (22/6), menyatakan, sosialisasi sudah mulai tahun 2008 melalui promo wisata daerah maupun internasional, lalu kita sinergikan dengan voting TN Komodo.

Kampanye dukungan TN Komodo masuk nominasi tujuh keajaiban dunia dilakukan di Cihampelas Walk Bandung 15-21 Juni 2009 dengan pucak acara Konser musik diisi artis nasional Tangga, Eqoutez, dan Tompi.

Tercatat sebanyak 3.076 orang pengunjung memberikan suara melalui gerai online vote yang disediakan pihak pelaksana.

Setelah melakukan kampanye di Jakarta beberapa pekan lalu dan Bandung sekitar 10.000 suara yang telah menyumbangan suara di gerai yang disediakan.

Selain Jakarta dan Bandung, kampanye akan digelar di Yogyakarta, Surabya, dan Makasar. Di luar lima kota tadi kampanye akan dilakukan melalui media baik cetak maupun elektroni juga media online.

Status peningkatan TN Komodo akan diupdate berdasarkan jumlah suara yang berhasil dikumpulkan hingga Minggu(21/6) malam dan diharapkan bisa terus meningkat sehingga bertahan di 11 besar pada 7 Juli 2009, dan masuk tujuh besar pada 21 Juli 2009.

Menurut Esthy, masih harus mengumpulkan banyak suara untuk dapat memperkuat rangking TN Komodo di N7WN. Masih banyak nominasi kuat yang harus dikalahkan terutama sungai Amazon.

TN Komodo berhasil mencapai peringkat ke-8 dari 56 nominasi dari grup E (kategori : Forest, National Parks and Reservation).

Terdapat sekitar 261 nominasi dari 222 negara yang dibagi menjadi 7 grup : (A) landscape/ice formation, (B) island, (C) mountain/vulcanoes, (D) cave/rock formation/valley, (E) forest/national parks, nature reserve, (F) lakes/rivers/waterfalls, dan (G) seascape.

Awalnya terdapat empat objek wisata yang masuk dalam tahap pertama kampanye N7WN yakni Danau Toba, Gunung Krakatau, Gunung Bromo dan TN Komodo. Namun tahun 2008 N7WN Foundation hanya memasukan satu nominasi dari satu Negara dan dengan demikian hanya TN Komodo yang masih bertahan.

Apabila TN Komodo berhasil terpilih mejadi tujuh keajaiban dunia bernuansa alam, dampaknya aan sangat besar bagi industri pariwisata Indonesia khususnya TN Komodo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: