Tahun 2009, 30 Ekor Gajah Dibunuh

Kompas 2009-06-20/Konservasi

image

DENPASAR– Tony Suhartono, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Departemen Kehutanan,  pada acara pelatihan fotografi di Bali Safari dan Marine Park, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (20/6), mengungkapkan bahwa pada tahun 2009 ini sudah ada hampir 30 gajah di Sumatera mati dibunuh. Tony mengungkapkan, gajah dibunuh karena dianggap sebagai musuh manusia dan dianggap mengganggu pembangunan. Karena itu, sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat Indonesia untuk melindungi satwa yang semakin langka itu.

Menurut Tony, saat ini “kompetisi” antara manusia dan satwa dilindungi sudah sedemikian hebatnya sehingga yang menjadi korban adalah satwa. Padahal, sebagai makhluk Tuhan mereka juga memiliki hak untuk hidup.

Berdasarkan data tahun 2007, jumlah gajah yang ada di Sumatera dan Kalimantan sekitar 2.400 hingga 2.800 ekor. Namun, saat ini Forum Gajah Indonesia sedang mengadakan pertemuan untuk mendata kembali berapa jumlah sebenarnya saat ini.

Selain itu, kondisi sejumlah pusat pelatihan gajah saat kondisinya sangat memprihatinkan, seperti di Way Kambas, Lampung, karena pemeliharaannya memang membutuhkan biaya besar. Akhirnya dicarikan berbagai cara termasuk bantuan dari luar negeri. Australia mau membantu, tapi mereka minta gajah lima ekor, dalam pengertian dipinjamkan dengan mekanisme tukar-menukar.

Untuk rencana tersebut, katanya, belum ada penukaran dan direncanakan kebun binatang di Australia akan menyumbang sejumlah dana untuk pemeliharaan pusat latihan gajah tersebut. “Selain itu, ada juga dari Belgia yang meminta sepasang gajah dari Riau. Kita nanti akan menerima sejumlah kompensasi yang digunakan untuk pemeliharaan gajah di Indonesia. Dengan Singapura sedang dilakukan negosiasi”, ungkap Tony.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: