Garap Lahan Tidur, Hentikan Perambahan

Kompas  2009-06-22/e- Paper: Nusantara Hal 23

Makassar– Ratusan personil TNI angkatan darat bersienergi dengan petani menggarap lahan tidur dengan menggunakan pupuk organik untuk meredam maraknya perambahan hutan di kawasan Luwu Raya, Sulawesi Selatan.

Untuk jangka panjang, hal ini relevan sdengan upaya menjaga ketersediaan aiar Danau Towuti dan Danau Matano.

Mayor Jenderal Djoko Susilo Utomo,Panglima Daerah Militer VII Wirabuana mengungkapkan hal  tersebut dilakukan untuk menyelamatkan hutan di Luwu dan sekitarnya dari perambahan serta penebangan liar.

Dari 218.000 hektar areal hutan di kawasan itu, sekitar 80.000 hektar diantaranya rusak. Jika perusakan hutan tak direm, areal tangkapan air bagi Danau Towuti dan Danau Matano bisa terancam.

“Mengubah pola pikir perambahan hutan, menjadi petani yang serius adalah solusinya. Mereka diajak menggarap lahan tidur mulai dari mencetak sawasah baru,penanaman pada dengan pupuk organik, hingga penanganan pasca panen”, ungkapnya.

Dari 100 hektar lahan tidur yang dibidik tahun ini untuk pencetakan sawah baru, 30 hektar diantaranya sudah diujicobakan dengan menggunakan pupuk organik. Inovasi penggunaan pupuk organik di Kabupaten Gowa bisa diserap petani setempat dengan produksi 12 ton per hektar.Pencapaian itu berlipat ganda dibandingkan dengan produksi sebelumnya yang 3-4 ton per hektar.

Untuk perairan lahan, air sunagi yang mengalir di sekitar lahan disedot dengan menggunakan pompa air tanpa motor”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam VII Wirabuana Mayor Rustam Efendi, menambahkan, komoditas lain, seperti jangung, cabai, dan sayu mayur juga digiatkan dengan menggunakan pupuk organik jenis hantu dan hormon tanaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: