Wagub: Mari Budayakan Tanam Pohon

Kendari Ekspres 2009-06-20/HAL 8 Kota Ekspres

H M Saleh Salata, Wakil Gubernur Sultra, menghimabu kepada segenap masyarakat Sultra, untuk membudayakan penanaman pohon. Ini dilakukan untuk memelihara lingkungan dari efek rumah kaca yang sedang melanda dunia internasional saat ini. Penanaman pohon, sangat penting dibudayakan karena selain memelihara lingkungan, juga bisa hemat air, hemat energi, dan mengurangi efek rumah kaca.

Seperti yang dijelaskan Saleh Lasata bahwa, kerusakan lingkungan telah melanda sebagaian negara di dunia. Akibat kerusakan hutan, dampak terhadap manusia sangat banyak. Beliau mengungkapkan kekhwatirannya saat diperlihatkan dampak kerusakan hutan oleh Kepala BKKBN pusat dr Sugiri Syarief MPA. Saleh Lasata, miris melihat kondisi manusia akibat kerusakan hutan, berdampak pada kelaparan di salah satu negara Afrika. “Saya tidak mau kejadian tersebut terjadi di daerah kita”, ungkapnya dalam acara perencanaan gerakan menanam pohon Indonesia hasil kerjasama Pemkot Kendari dengan Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Kendari, dan PT BNI Cabang Kendari, di Arboretum Kantor Gubernur Sultra.

Ditempat yang sama, Walikota Kendari Ir Asrun M Eng mengungkapkan hal yang serupa, bahwa pengendalian lingkungan hutan sangat penting, karena berdampak kepada berbagai sektor kehidupan. Walaupun Kota Kendari, statusnya masih belum berbahaya, tetapi penanaman pohon perlu dilakukan sebagai bentuk persiapan. Dalam mengendalikan lingkungan, himbaunya meminta seluruh masyarakat dilibatkan. Karena dampaknya sangat besar terhadap masyarakat jika lingkungan dibiarkan rusak. Sementara itu, Budiman, Kepala BNI Cabang Kendari menuturkan, dalam perencanaan penanaman pohon, pihaknya telah menyediakan anggaran Rp 62 juta, sedangkan untuk bibit disediakan sendiri pemerintah Sultra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: