Tambang Emas Bombana Masih Ditutup

Media Sultra 2009-06-20/Hal 1 Berita Utama

Setelah melakukan koordinasi bersama dengan unsur Muspida, Pemrov akhirnya tetap memutuskan menutup tambang emas Bombana tanpa batas waktu yang ditentukan. Pemrov Sultra menjelaskan penutupan tambang emas dilakukan agar Pemrov Sultra beserta unsur yang terkait bisa mendudukan dan membahas kompleksnya permasalahan seputar saling klaim kepemilikan lahan di tambang emas Bombana.

Kamis (18/6), Gubernur Sultra, Nur Alam saat ditemui Media Sultra di lapangan benua-benua, menjelaskan bahwa “Kita sepakat untuk menutup tambang emas Bombana sambil kita dudukan permasalahannya. Kita juga akan petakan lokasinya agar status lahan bisa, dan kepemilikan secara pribadi maupun milik negara bisa segera dituntaskan”, ungkapnya.

Penutupan tambang emas Bombana ditutup sementara dengan maksud agar pemerintah beserta elemen lain bisa menetapkan lokasi yang cocok untuk penambangan rakyat, termasuk menetapkan lokasi tambang bagi investor, atau industri. Nur Alam, enggan memberi komentar terkait laporan beberapa pihak yang turun ke lapangan pasca penutupan tambang emas 6 Juni lalu bahwa, PT Panca Logam merupakan salah satu investor yang telah diberi izin KP, hingga kini masih dibiarkan beroperasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: