Pemkot Akan Tertibkan Izin Pertambangan Batuan

Media Sultra 2009-06-20/Hal 7 Daerah

Sabtu (20/6), Pemkot Baubau akan menggelar rapat bersama para investor tambang batuan, adapun tujuan dari rapat tersebut dimaksudkan agar Pemkot Baubau melalui Dinas Pertambangan dan Energi menertibkan izin pertambangan batuan dalam wilayah kota Baubau. Nantinya, dalam melakukan aktivitas pertambangan batuan, para pengusaha harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantara persyaratan yang harus dipenuhi pengusaha pertambangan batuan yakni, izin daerah, atau wilayah tempat kegiatan pertambangan, lingkungan hidup, kewajiban pajak, dan retribusi.

Menurut  Kadis Pertambangan, dan Energi Bauabau, Syaifuddin bahwa pihaknya telah mengundang para pengusaha pertambangan batuan seperti batu, pasir, dan tanah timbunan, yang ada di Kota Baubau yang berlangsung hari ini, Sabtu (20/6), dengan maksud melakukan pembinaan dan penertiban izin pertambangan batuan.

Selama ini, Pemkot Baubau sudah memberikan kebijakan kepada para pengusaha pertambangan batuan terkait dengan izin penambangan. Sehingga dengan adanya perubahan UU No. 11 tahun 1967 tentang pokok-pokok pertambangan, diganti dengan UU No. 4 tahun 2009 ini, sehingga pembinaan, dan pertambangan dipandang penting. Dalam UU No. 4 tahun 2009 ini dijelaskan bahwa pencadangan wilayah pertambangan khususnya mineral, dan panas bumi, ditetapkan Menteri Pertambangan. Sedangkan pertambangan batuan, ditetapkan pemda setempat, yang akan dilaporkan ke pusat, dan disesuaikan dengan rencana tata ruang umum nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: