Pohon Penghijauan Banyak Dirusak

Kendari Ekspres 2009-06-19/Ekspresi Kota

Kamis (18/6) kemarin, Kepala Dinas LH Kota Kendari Ir Tin Faida mengungkapkan kekecewaan terhadap perusakan pohon yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, salah satu dari program Dinas Lingkungan Hidup adalah penanaman pohon dibeberapa wilayah di Kota Kendari hasil kerjasama dengan berbagai dinas terkait seperti dinas kota, para SKPD-SKPD kota dan seluruh camat, lurah bersama jajarannya.

Tin Farida menjelaskan secara panjang lebar terkait dengan perusakan pohon di sekitar Kota Kendari, bahwa banyak pohon sudah tumbuh dan berumur 1 tahun dengan tinggi 2-3 meter, tetapi mati akibat dikuliti, disiram dengan oli, dimakan kambing bahkan sengaja dipatahkan oleh orang yang sengaja mematikan pohon tersebut. Seperti di Jalan Sao-sao dan depan Union pohonya berumur 20 dan 1 tahun, mati akibat dikuliti dan dipatahkan. Kita tidak tahu siapa pelaku, apakah sebagian masyarakat yang tidak senang dengan kehadiran pohon depan rumahnya atau tidak senang dengan program penghijauan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Menurutnya, penanaman pohon yang selama dijalankan tidaklah mudah dilakukan karena mengeluarkan banyak energi dan pemikiran ekstra. Untuk penanaman pohon, yang harus terlebih dulu dilakukan adalah penentuan lokasi dengan berbagai pertimbangan, diantaranya tidak mengganggu jalan, tidak berada tepat depan pintu bangunan dan berbagai pertimbangan lainnya. Penanaman paling sulit, bila dilakukan depan ruko dan pemukiman masyarakat. Kesulitan ini disebabkan karena tidak ada jarak antara selokan dan halaman teras sehingga kita harus menggali rabat beton untuk menanam. Tetapi penanaman ini, harus tetap kita upayakan agar didepan jalan, ruko pemukiman dan semua tempat lainnya dapat indah dan hijau. Penanaman ini, tidak sepenuhnya dilakukan oleh Dinas LH kota, tetapi melalui bantuan dinas lainnya.

Untuk program penanaman pohon di Kota Kendari telah dibagi perwilayah bagi SKPD-SKPD kota seperti, Inspektorat dan Dinas Capil wilayah kerja penanaman pohonnya di Jalan Saranani. Pembagian wilayah kerja ini, dimaksudkan untuk penerapan Perda tentang pengaturan ruang terbuka hijau dan perwujudan 3 K (Kebersihan, Keindahan dan Ketentraman), Dinas LH kota hannya melihat daerah-daerah mana saja belum ditanami sehingga Dinas LH melakukan penanaman ditempat tersebut.

Dinas Lingkungan Hidup juga telah menyiapkan pohon dan menanam pohon di pot-pot yang disediakan masyarakat hasil dari partisipasi penggalangan masyarakat oleh camat dan lurah. Untuk pemeliharaan tanaman, kita hanya melakukan koordinasi dengan Satpol untuk mengawal penerapan perda ini, sementara Dinas LH melakukan peninjauan, terhadap tanaman sehingga apabila terjadi kelainan pada pohon seperti daunnya kuning, tim kami melakukan pengecekan penyebabnya. ” Ketika diperjalanan, saya hanya melihat tanaman, apakah tumbuh atau bagaimana. Saya sangat sedih bila melihat tanaman telah tumbuh subur, ketika keesokan harinya lewat lagi dijalan yang sama, ternyata tanaman tadi sudah tinggal batangnya saja seperti tanaman di depan Pasar Baru. Pernah juga saya melihat ada sekelompok kambing menggeroti daun tanaman yang sudah terpagar sehingga banyak tanaman yang kami tanam dipagari dan dikelilingi dengan karung, seperti disepanjang baypass”, unkap Tin Farida.

Dengan melihat permasalahan tersebut, Tin Farida menghimbau segenap masyarakat Kota Kendari untuk bekerjsama dalam mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota bersih, hijau dan asri, dengan memelihara tanaman dan menanam tanaman serta tidak membuang sampah sembarang tempat. Kepada pemilik kambing agar kambingnya dikandangkan dan tidak dilepas berkeliaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: