Sultra Raih Kalpataru 2009

Kendari Pos 2009-06-18/Hal 8 Kota Ekspres

Untuk pertama kalinya Sulawesi Tenggara menerima penghargaan Kalpataru. Kali ini yang yang berhasil memperoleh penghargaan tersebut adalah Drs. Ilham Tahir SE, selama bertahun-tahun berperan sebagai pembina kelompok masyarakat budidaya jati putih. Penghargaan Kalpataru diserahkan langsung utusan resmi Kementerian Lingkungan Hidup pada Gubernur Sultra yang bertempat di kantor Bappedalda Sultra, (17/6), Rabu kemarin.

Dalam acara penyambutan, Gubernur Sultra yang diwakili Kepala Bappedalda, Sarjun Mokke, bahwa penghargan yang diperolehnya merupakan suatu kebanggaan masyarakat Sultra, karena ini pertama kalinya Sultra mendapat penghargaan Kalpataru. Seperti yang diungkapkan Sarjun Mokke, bahwa pencapaian ini tidaklah mudah, karena butuh seleksi begitu panjang. Kita bersyukur diantara sembilan, Sultra terpilih meraih piagam Kalpataru tahun 2009 ini. Piagam Kalpataru bisa didedikasikan kepada perorangan, kelompok, ataupun lembaga masyarakat.  Dalam himbaunnya, Sarjun Mokke berharap dengan penghargaan tersebut dimasa akan datang akan banyak lagi “ilham-ilham” baru yang mampu meraih prestasi yang serupa. Begitupula dengan Bapak Ilham tidak langsung puas tetapi penghargaan ini justru menjadi memacu motivasi untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya.

Penghargaan yang diraih Ilham Tahir termasuk dalam kategori pengabdian lingkungan hidup. Selama ini Ilham Tahir menjabat sebagai Direktur Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) dan Potensi Agrobisnis Sultra. Ilham Tahir memulai budidaya jati putih karena didasari atas kepedulian terhadap lingkungan hutan tandus. Pengabdian ini dirintis sejak 10 tahun yang lalu.

Untuk saat ini anggota MPL dan Potensi Agrobisnis Sultra sudah mencapai 4000 orang tersebar di Sultra. Dalam kepemimpinan Ilham Tahir, dikalkulasikan satu untuk mengelola 449 hektar lahan pengembangan budidaya jati putih. Setiap hektar lahan digarap sekitar empat orang. “Lahan itu bukan satu tempat, tetapi sifatnya spot-spot”, seperti yang diungkap Ilham Tahir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: