Luas Hutan di Indonesia 138 Juta Hektare

Media Indonesia. c 2009-06-16/Lingkungan

JAKARTA- Menteri Kehutanan (Menhut) MS Kaban menegaskan luas kawasan hutan Indonesia saat ini mencapai sekitar 138 juta hektare.

“Dalam dokumen-dokumen yang saya tandatangani, ditegaskan saat ini luas hutan Indonesia adalah 138 juta hektare, bukan 120 juta hektare seperti yang selama ini disebutkan,” kata Menhut saat membuka Rapat Koordinasi Perencanaan Anggaran Pembangunan Kehutanan Pusat Tahun 2009 di Jakarta, Selasa.

Selain luas kawasan hutan, menurut Menhut, yang perlu diklarifikasi dan diinformasikan kepada publik adalah luas hutan atau lahan dalam kawasan hutan yang kondisinya kritis.

“Sejak tahun 2003 disebutkan luas hutan yang kritis dan harus direhabilitasi mencapai 59 juta hektare dari 120 juta hektare total luas Indonesia. Kalau sejak 2003 kita sudah melakukan rehabilitasi melalui Gerakan Rehabilitasi Lahan dan Hutan (Gerhan), mestinya luas lahan kritis itu sudah menurun.”

Dengan luas yang sudah ditanam melalui Gerhan sejak 2003 mencapai 3 juta hektare lahan kritis, luas lahan kritis jika di hitungan secara sederhana harusnya kini tinggal sekitar 56 juta hektare.

“Menurut saya, data-data seperti ini yang harus disinkronkan sehingga tidak simpang siur informasinya,” kata Menhut.

Menhut juga mengungkapkan, dengan perluasan kawasan hutan hingga sekitar 138 juta ha, Dephut meminta kucuran anggaran Rp10 triliun untuk tahun 2010. Namun, dari usulan tersebut, hanya disetujui sekitar Rp3,1 triliun.

Meski masih minim dan jauh dari yang diusulkan, nilai anggaran 2010 itu sudah meningkat dibanding tahun 2009 yang hanya sekitar Rp2,6 triliun.

“Bayangkan, apa yang bisa dilakukan dengan Rp3,1 triliun itu? Luas hutan kita 138 juta ha, jadi silakan hitung untuk setiap ha luas hutan kita berapa rupiah yang tersedia? Anggaran Rp3,1 triliun tersebut sekitar 36 persennya untuk anggaran pemerintahan (departemen). Jadi, anggaran murni untuk menjaga kawasan hutan atau merehabilitasi hutan kritis sangat minim,” kata Menhut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: