Tambang Emas Bombana Jangan Diserahkan Semua ke Swasta

Media Sultra 2009-06-15/Hal 6 Ibukota

Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), meminta kepada pemerintah daerah agar dalam pengelolaan tambang emas di Bombana agar tidak semuanya diserahkan kepada pihak swasta, masyarakat juga harus terlibat dalam pemanfaatan sumber daya alam tersebut.

Menurut SBY, Sabtu (13/6) bahwa kalau diserahkan semuanya ke swasta, kadang-kadang lupa, memikirkan masyarakat lokal. Kita harus berlaku, adil, mana hak negara dan hak pemerintah daerah, nasib dan masa depan rakyat daerah pertambangan. SBY juga menggaris bawahi hal tersebut, karena adanya sejumlah investor yang ingin mengembangkan berbagai usaha/bisnis di daerah termasuk usaha pertambangan. Beliau juga meminta jika ada investasi bisnis daerah, maka prosesnya harus transparan, jujur, dan adil. Dalam kesempatan tersebut, SBY juga meminta kepada pemerintah daerah agar memberikan kesempatan yang sama kepada mereka yang akan mengembangkan usaha sebagai bagian dari pembangunan yang adil dan merata.

“Siapapun yang akan melakukan investasi di daerah, membangun usaha agar mengajak masyarakat menjadi bagian investasi tersebut. Pemerintah daerah harus mengatur supaya masyarakat  dilibatkan sesuai dengan kemampuan dan dan aturan yang berlaku”, ungkap SBY. Dalam pernyataannya di Kendari, SBY mengingatkan pemerintah daerah dan para investor yang akan melakukan aktivitas penambangan agar tetap memperhatikan kelestarian lingkungan  hidup. “Apa saudara tega pada suatu saat anak cucu kita menderita karena ceroboh pada lingkungan? Kita harus bertangunjawab, baik untuk daerah, dan rakyat supaya kehidupan anak cucu kita lebih baik depan”, ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: