Penambang Tradisional Masih Diberi Peluang

Media Sultra 2009-06-15/Hal 7 Daerah

Berdasarkan pernyataan Ketua Tim Penertiban Tambang Emas Bombana, Slamet Rigay, bahwa Pemkab Bombana masih memberikan peluang bagi masyarakat setempat untuk menambang emas dengan cara tradisional. Dengan ketentuan, penambang tersebut harus terlebih dahulu mematuhi aturan yang ditentukan. Untuk itu, Pemda akan bekerjsama dengan pemilik lahan untuk menambang.

Adapun konsep kerjsama yang akan direncanakan yakni, pemilik lahan adalah pengelolaan hasil tambang secara berkelompok yang diwadahi lembaga koperasi masyarakat. Pola tersebut diharapkan untuk meningkatkan usaha masyarakat agar lebih terarah. Terkait dengan pengendalian kerusakan lingkungan dilokasi tambang emas tersebut, maka Pemda akan membuat peraturan yang lebih ketat dalam pemberian izin pertambangan. Yang diutamakan yakni pengendalian kerusakan lingkungan.

“Jadi yang tidak taat pada aturan, maka perlu diberi sanksi yang tegas”, ungkap Slamet Rigay.  Mengenai rencana pemerintah memberlakukan izin tambang tradisional, kini dalam proses pembahasan intern di Pemda. Sedangkan masalah investor penambang akan tetap diawasi dengan sistem operasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: