Empat Posko Pengamanan Dibentuk

Kendari Pos 2009-06-12/Hal 5 Bumi Anoa

Mencegah Masuknya Kembali Pendulang Ilegal

Pemkab Bombana bersama dengan Muspida setempat menggelar rapat, keduanya membahas langkah-langkah yang akan ditempuh pasca pengosongan tambang emas di Bombana. Dalam pernyataan di depan peserta rapat, Subhan Tambera, mengungkapkan bahwa salah satu hasil keputusan rapat yakni segera membentuk empat posko pengamanan yang berfungsi mencegah masuknya para pendulang di areal tambang emas Bombana. Posko-posko ini nantinya akan ditempatkan pada empat jalur masuk yaitu PPA, yang tepatnya dipalang terakhir TNRAW, di SP2 serta dua posko lainnya di Tahi Ite dan depan Polsek Poleang Timur. Dimana masing-masing posko akan ditempatkan enam personil. Mereka terdiri dari dua anggota Polri, dan Pol PP, satu orang TNI, serta Polhut.

Adapun tugas dari personil  tersebut, yaitu melakukan pemeriksaan dan pengawasan. Selain itu, pemerintah setempat dan Muspida sepakat untuk melakukan operasi sekali dalam seminggu di lokasi areal tambang emas Bombana. Waktu pelaksanaan operasi belum bisa ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan operasi tersebut.

Terkait dengan logistik para personil pengamanan, Subhan Tambera menyatakan Pemkab Bombana telah menyiapkan dana. Termasuk biaya makan, minum, dan kebutuhan personil selama melakukan pengawasan akan ditanggung Pemkab. Petugas pengamanan di areal kawasan tambang juga, bukan lagi yang berstatus PHTT (Pegawai Harian Tidak Tetap) melainkan, PNS (Pegawai Negeri Sipil). Untuk menguatkan penempatan PNS tersebut, pihak Pemkab Bombana akan membuat surat keputusan, dengan surat keputusan itu maka PNS tidak lagi berkantor di instansinya melainkan di posko dimana ditempatkan. Alasan penempatan PNS tidak lain, untuk memudahkan pengawasan dan pemberian tindakan. Jika terbukti lalai dan, main mata dengan para pendulang, maka sanksi yang diberikan cukup berat yakni tindakan pemecatan. Dimulai dari teguran lisan dan tertulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: