Populasi Penyu Runduma dan Sekitarnya Terancam

Media Sutra 2009-06-11/Hal 7 Daerah

Populasi penyu di Pulau Runduma dan sekitarnya terancam  mengalami penurunan.Hal ini disebabkan, para penjaga penyu di wilayah tersebut lebih mengutamakan menanam kasbi sebagai mata pencaharian ketimbang melakukan tugasnya sebagai penjaga penyu.

Masyarakat mengeluhkan honor yang terlalu kecil dibanding beban kerjanya selama ini. Apalagi, untuk honor bulan Januari-Maret 2009 belum dibayar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi. Hal ini disampaikan dari salah satu penjaga Pantai Runduma dan sekitarnya (Pantai Kenteolo, Moro Maho, Cowo-Cowo), Senin kemarin (8/6), di kantor Coremap.

Dikatakan pula bahwa untuk menjaga populasi penyu pihaknya tiap hari keliling melakukan penjagaan, bahkan sering pula tidur di pantai. Dengan masalah ini, pihaknya harus berbagi waktu untuk berkebun kasbi. Dalam seminggu hanya aktif dua hari menjaga sisanya untuk berkebun. Selama ini, pihaknya hanya menerima honor selama sebulan sekitar Rp. 400.000, tanpa ada uang pembeli BBM. Ditahun 2006 lalu, pihaknya mendapatkan dana operasional, setelah itu sampai sekarang tidak ada lagi dana operasional. Padahal, sesuai dengan surat Bupati Wakatobi, Ir Hugua dalam SKnya bahwa pihaknya menerima dana operasional sebesar dengan uang honor Rp 400.000,.

Pada saat menerima dana operasional dan honor para penjaga penyu tidak hanya aktif menjaga pantai, tetapi juga membuat laporan tentang perkembangan penyu. Seperti, membuat laporan titik bertelurnya penyu dan laporan perkembangan lainnya.

Selama melakukan tugasnya, kerap pula penjaga penyu menemukan orang-orang yang melakukan pengeboman, pembiusan yang berasal dari sekitar Sinjai. Sementara itu, pada saat ditemui oleh wartawan Media Sultra, bagian pembayaran honor penjaga pantai Dinas Kelautan dan Perikanan Wakatobi tak dapat ditemui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: