Operasi Penertiban Tambang Diintesifkan

Kendari Ekspres 2009-06-11/Hal 16 Sultra Raya

Pasca pengosongan areal tambang emas di Bombana, suasana di tempat-tempat pendulang sudah nampak sepi dari segala aktivitas penambangan. Terkait dengan penertiban pendulang emas, maka pihak Pemkab Bombana bertekad akan lebih mengintensifkan operasi pengosongan lokasi tambang. Dalam hal ini, Pemkab Bombana telah meelakukan koordinasi tambang pada Senin(8/6), di Kantor Bupati Bombana yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bombana, Muh Subhan Tambera, SE, Msi, dengan dihadiri oleh Kapolres Bombana, Pabung, dan para asisten serta jajaran pejabat eselon II dan III Lingkup Pemkab Bombana.

Dalam pertemuan rapat tersebut, Subhan Tambera mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan untuk pengosongan tambang semata-mata dilakukan untuk melihat sejauh mana kendala yang dihadapi pemerintah dalam menangani pertambangan rakyat yang berada di Bombana. Hal ini juga bertujuan  agar tidak ada lagi tumpang tindih yang terjadi dari pihak yang menangani masalah tersebut.

Dalam penertiban tambang emas di Bombana berbagai pihak telah berkontribusi terhadap Pemkab Bomban diantaranya Polres Bombana, Brimob Kendari, dan beberapa pihak lainnya. Operasi pengosongan areal tambang emas bukan berarti menutup kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk melakukan penambangan, akan tetapi setelah operasi digelar maka Pemkab Bombana merencanakan akan melakukan pertemuan dengan pihak Pemrov Sultra untuk membahas masalah penambangan rakyat. 

Sementara itu, menurut Ketua Tim penertiban tambang Bombana, Ir Slamet Rigay Msi, ditempat yang sama bahwa pihaknya meminta kepada masyarakat yang masih melakukan kegiatan penambangan untuk segera mengosongkan areal tambang emas sambil menunggu aturan yang akan dikeluarkan oleh Pemkab Bombana, sehingga nantinya ada aturan yang jelas, masyarakat dapat melakukan aktivitas penambangan tanpa ada masalah dan kendala.

Demikian pula yang dikatakan oleh Kabag Humas dan Protokoler Setda Bombana, Drs Hasdin Ratta Msi, bahwa operasi penambangan dilakukan untuk kepentingan masyarakat dalam melakukan aktivitas penambangan. Karena pemerintah setempat tidak menginginkan adanya berbagai pihak yanng tidak bertanggung jawab yang berusaha untuk mengambil keuntungan dari persoalan tambang emas tersebut, sehingga Pemkab Bombana melakukan pengawasan dengan lebih optimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: