Investor Emas Belum Boleh Produksi

Kendari Pos 2009-06-10/Hal 5 Bumi Anoa

Dari data yang dimiliki oleh Pemrov Sultra memperlihatkan baru 13 KP sah yang memiliki izin tambang di Bombana. Padahal sebelumnya, Bupati Bombana, Subhan Tambera mengungkapkan bahwa sekarang ini pihaknya telah mencatat 16 pemegang izin KP di Bombana. Dari jumlah 13 KP yang masuk di Pemrov, baru tiga KP yang mengantongi izin eksploitasi, dan satunya berstatus penyelidikan umum dan sembilan sisanya hanya memiliki izin eksplorasi.

Menurut Burhanuddin, Kabid Mineral Batubara, Panas Bumi, dan Air Tanah pada Dinas ESDM Sultra bahwa ada tiga KP yang mengantongi izin eksplorasi yakni PT Billy yang beroperasi di Kabaena, PT Panca Logam Makmur, dan PT Tiram. Burhanuddin menambahkan bahwa minimal ada  tujuh persyaratan umum yang mesti dipenuhi investor untuk melakukan kegiatan produksi. Dari tahap pertama, yakni mempresentasekan perencanaan pertambangan, studi kelayakan, pematokan batas lokasi, menyeleseaikan persoalan pertanahan, memiliki izin pinjam pakai hutan (jika lokasinya dalam kawasan hutan), dan harus memiliki kepala teknik tambang serta punya dokumen lingkungan sah, seperti AMDAL.

Selanjutnya terkait dengan perbedaan jumlah KP yang dimiliki Pemkab Bombana dengan Pemrov , “Bisa saja seperti itu, tapi bentuknya sudah Izin Usaha Penambangan (IUP) bukan lagi KP. Jadi nanti kita lihat, apakah yang tiga KP lagi itu izinnya dalam bentuk IUP atau KP”, ungkap Burhanuddin. Oleh karena itu, pasca pengosongan area tambang emas Bombana, Pemrov mencoba menata ulang semua sistem perizinan dan pengelolaan zona emas. Selain itu, Gubernur Sultra akan melakukan evaluasi terhadap proses terbitnya izin dan kepatuhan KP pada pelaksanaan peraturan yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: