Staf Dishut Sudah Mulai Diperiksa

Kendari Ekspres 2009-06-09/Hal 9 Baubau Ekspres

Terkait Misteri Raibnya BB Kayu Jati

Kemarin (8/6), Polres Muna akhirnya melakukan pengusutan terhadap kasus hilangnya BB kayu jati senilai 1,5 milyar, dalam Perkara Lelang Kayu Jati Muna tahun 2003. Pihak Polres Muna berhasil memeriksa orang-orang di Dishut yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Pemeriksaan dimulai dari Ali Posasu (KUPTD MunaTimur (Raha), La Ranti (Mantan KRPH Tampo),  Yohanes Mahatita, dan La Ode Puru. Sedangkan dua orang lainnya yaitu La Ode Puru, dan Yohanes yang merupakan juru ukur yang dikenal dengan istilah tukang opname kayu. Menurut AKP Agus Suagiarso Slk, bahwa pihaknya masih dalam tahap penyelidikan, dan orang-orang yang kemarin diperiksa masih dalam status diundang. Belum ada kapasitas sebagai saksi ataupun tersangka.

Sebelumnya, Kasat mengakui bahwa pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap La Ode Kudu. Karena statusnya masih tahanan, untuk itu La Udi diperiksa di Rutan Raha. Untuk daftar entry berikutnya, terdapat Rahman TB, merupakan pejabat ketua lelang kayu jati pada masa itu. Sebagaimana diketahui, Ali Samaria pada pemberitaan sebelumnya, menyebut sebagian kayu sudah dilelang dan sisanya sudah tidak ketahui lagi jejaknya. Rahman TB, menyangkal pernyataan tersebut dengan menyatakan bahwa panitia lelang tidak pernah melakukan lelang terhadap kayu berstatus BB. Rahman TB, juga mengaku tidak mengetahui ada BB kayu yang diikutkan di dalamnya.

Ditempat berbeda, Simon Mahori mengungkapkan bahwa harga kayu ketika itu berkisar Rp 2,5 juta perkubik, sehingga apabila dikonversi ke dalam rupiah, kayu tersebut bernilai sekitar Rp 1,5 Milyar. Dimana, satu mobil truk biasanya mampu memuat volume 2-3 kubik. Dengan demikian, untuk memuat 696 kubik dibutuhkan setidaknya sebanyak 250 unit truk. Jika dijejer, barisan truk itu dapat mencapai sepanjang kurang lebih 2 kilometer. Akan tetapi, akhirnya dalam kasus tersebut tidak ada pihak yang mau mengaku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: