Bupati Dinilai tak Transparan

Kendari Pos 2009-06-09/Hal 5 Bumi Anoa

Subhan Tambera: Penerbitan KP mestinya Tidak Ditutup-tutupi

” Sepengetahuan saya, jumlah izin yang baru dikeluarkan pemerintah kabupaten Bombana baru 12 KP. Saya juga bingung, berarti ada penambahan lagi. Ini menandakan tidak transparannya Bupati, dan Dinas Pertambangan dalam mengeluarkan izin,” ungkap Subhan Tambera, usai pemimpin rapat evaluasi penertiban tambang, di kantor Bupati, siang kemarin.

Hingga saat ini sudah ada 16 investor yang dipercaya mengelola sumber daya mineral di Bombana. Ini artinya investor yang memegang izni KP di Bombana semakin bertambah. Menurut Subhan Tambera, masalah keluarnya izin KP sebaiknya jangan ditutup-tutupi, ini demi keterbukaan serta mensinkronkan jawaban bila ada pertanyaan dari siapa pun termasuk wartawan dan Gubernur Sultra.

Sementara itu, Abady Makmur, salah satu Anggota Komisi A DPRD Bombana, mengungkapkan bahwa, Distamben Bombana tidak transparan. Ketidaktransparan lembaga ini dalam pengelolaan data. Dimana seharusnya Distamben menyampaikan aliran penerimaan retribusi tambang yang dipungut selama 6 bulan terakhir sehingga semua pihak dapat mengetahui apakah retribusi yang dibebankan kepada 62 ribu penambang masuk di kas daerah atau tidak. Karena namanya semua jenis pendapatan daerah harus masuk dalam APBD. Jika persolan tersebut tidak segera diatasi, maka bukan tidak mungkin akan menimbulkan konflik yang bermuara pada stabilitas daerah, padahal sesuai harapan masyarakat Bombana, dengan adanya tambang emas dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah dan mempercepat peningkatan kesejahteraan warga Bombana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: