PJ Bupati Konut Prioritaskan Bidang Pertambangan & Perkebunan

Kendari Ekspres 2009-06-08/Hal 3 Ekonomi

Heri Hermasnyah Silondae, PJ Bupati Konawe Utara  Sabtu, (6/6), mengungkapkan bahwa prioritas utama yang menjadi agenda utama dalam menjalankan kepemimpinannya untuk enam bulan ke depan yaitu Bidang pertambangan dan perkebunan. Menurut Heri, kedua bidang ini dinilai sangat prospek untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Konawe Utara.

Untuk mengembangkan bidang perkebunan dan pertambangan, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi semua potensi dan masalah yang timbul dari kedua bidang tersebut. Untuk dibidang pertambangan, kita akan meninjau ulang semua izin Kuasa Pertambangan (KP) yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Sedangkan dibidang perkebunan, persoalan pokok yakni pembangunan Pabrik Kelapa Sawit. Dengan alasan pabrik ini sangat dinantikan oleh para petani di Konawe, karena ratusan hektar tanaman kelapa sawit di Konawe Utara sudah mulai berproduksi. Manfaatnya tidak hanya dirasakan pemerintah tetapi juga para petani.

Terkait dengan UU Minerba Nomor 4 tahun 2009, bahwa pengelolaan sumber daya alam dibidang pertambangan lebih transparan, dan terbuka. Dengan menerapkan UU ini, maka daerah memiliki kewenangan untuk mencari investor yang benofit yang akan mengelola sumber daya alam yang berpotensi di bidang pertambangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: