Penyelundupan Kayu Ilegal Tumbuh Subur

Kendari Pos 2009-06-08/Hal 9 Metro

Seperti diungkapkan salah satu warga, Djamil bahwa kelurahan Abeli yang terletak dipinggiran kota yang berbatasan dengan kecamatan Moramo, Konawe merupakan lokasi subur bagi aktvitas penyelundupan dan transaksi kayu illegal dari daerah perbatasan, begitu pun sebaliknya.

Sejak lama Abeli merupakan transit pengangkutan kayu illegal logging. Hal ini berdasarkan adanya mobilisasi kendaraan truck  sering kali terlihat membawa beberapa muatan kayu.

Untuk menindak lanjuti hal tersebut maka Djamil, Ketua RT 07 berharap agar segera dilakukan penertiban, bila ada oknum aparat yang meloloskan kayu tanpa dokumen lengkap atau resmi.

Menurut Hanuddin, Kabid Kehutanan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kendari menjelaskan, bahwa pihaknya sangat insten melakukan patroli dalam mengantisipasi kegiatan illegal logging, bahkan dalam sepekan Distan telah membentuk  tim operasi yang telah dikoordinasikan dengan aparat kepolisian sebelumnya. Sebagai tindak lanjut, jika terjadi penangkapan maka Distan telah menyiapkan saksi ahli iuntuk membantu proses hukum dalam penanganan illegal logging.

Selain itu, Aparat kepolisian juga akan melakukan tindakan tegas, seperti yang diungkapkan oleh Aipda Abdullah, Kasub Kerjasama Masyarakat (Kerma) Polresta Kendari, bahwa sangat diperlukan partisipasi penuh dari masyarakat dalam menggeliminir setiap saksi kriminal dilingkungan Abeli. Apalagi jika ada ketahuan aparat kepolisian yang terlibat, maka pimpinan institusi kepolisian tidak akan pandang bulu untuk menegakkan aturan, bila yang bersangkutan secara sah terbukti melanggar aturan yang berlaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: