Pendulang Tinggalkan Lokasi Tambang Emas

Media Sultra 2009-06-08/Hal. 7 Daerah

Laporan: Rustam Bombana

Pasca penertiban tambang emas Bombana, tidak ada satu pun yang tesisakan, yang terlihat hanyalah puing-puing bangunan semi permanen yang dibakar beberapa aparat kepolisian. Lubang-lubang hasil galian pendulang dibiarkan menganga disekitar areal kawasan tambang. Dalam situasi ini, yang diuntungkan dari kemilau emas Bombana hanya PT Panca Logam Makmur, salah satu invetor yang memegang izin KP dari Pemkab Bombana.

Menurut salah satu warga trans asal Blitar, Samosir, bahwa ini tak adil, kenapa  mereka tidak dikeluarkan, sementara kami diusir secara paksa. Sementara itu, Parjo, pendulang asal Jawa Tengah, menyatakan bahwa mereka mengganggap tak ubahnya, “kerbau liar” yang diusir tanpa ada belas kasihan. Padahal mereka mendulang mendapat izin dan dibolehkan, tapi kenapa kami harus diusir dengan cara begini.

Dari hasil penelusuran wartawan Media Sultra, terlihat diseluruh lokasi penambangan, tidak ada lagi aktivitas pendulang. Suasana kota kecil Bombana  terlihat semrawut yang hanya menyisakan rangka bangunan semi permanen tanpa tenda. Begitupula dengan para pertugas yang berangsur-angsur meninggalkan lokasi sejak Sabtu (6/7).

Sebelumnya, dalam surat himbauan Pemkab Bombana yang ditandatangani Sekda Idrus Efendy Kube, bertanggal 1 Juni meminta kepada seluruh pendulang termasuk pedagang harus meninggalkan seluruh lokasi paling lambat 6 Juni 2009.

Sementara itu, Wakil Bupati Bombana, Subhan Tambera saat ditemui oleh wartawan Media Sultra menyatakan bahwa pasca pengosongan lokasi tambang, pihaknya akan segera bertemu dengn Pemrov guna membahas langkah selanjutnya. Kedepan para investor yang ingin beroperasi di Bombana wajib reklamasi di seluruh lokasi tambang yang rusak parah. “Kami tidak akan mengizinkan siapapun melakukan aktiviatas sebelum mereklamasi kawasan yang rusak”, ungkap Subhan Tambera.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: