Di Eropa, Tina Nur Alam Kagumi Tata Ruang

Kendari Pos 2009-06-08/Hal 11 Metro

Pada saat berkunjung ke Eropa, Ketua TP PKK Sultra, Hj Tina Nur Alam memanfaatkan kunjungannya untuk kepentingan daerah. Keberangkatan Tina Nur Alam dalam kapasitas Ketua Dekranasda Sultra dengan sokongan dari dana pusat terkait kegiatan Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

Menurut Tina Nur Alam, dari perjalanan ini ada banyak hal bisa dibuat dari pengalaman ke Eropa, seperti  kondisi pembangunan wilayah bisa jadi pelajaran bagi kita semua, bukan hanya hasil-hasil kerajinan yang bisa dikembangkan. Dalam kunjungan tersebut, Tina Nur Alam juga sempat diundang ke Monaco. Topografi Monaco sama dengan kota Kendari. Kota teluk dan berbukit tapi bisa ditata dengan indah.

Selain itu, Tina juga mengungkapkan tingginya minat orang-orang asing terhadap produk kerajinan Sultra maupun hasil-hasil tenunan. Apalagi motif sarung Samasili dan Leja asal Buton dan Muna sangat diminati di Eropa. Ternyata orang Eropa lebih menyukai produk yang berbahan alami  daripada produk pabrikan. Tina, sangat bangga atas perhatian Depperindag yang mengikutsertakan Sultra dalam Pameran Hasil Tambang, dan Kerajinan Daerah di Belanda. Dalam pameran tersebut tidak semua provinsi diundang, untuk itu Sultra benar-benar harus menafaatkan moment tersebut. Dalam pameran tersebut dipamerkan hasil tambang maupun potensi tambang Sultra. Namun, Tina menjelaskan selama ini potensi tambang Sultra memiliki kendala karena ternyata berada di kawasan hutan lindung.

Sementara itu, Kadis Perindag Sultra, La Ode Khalifa Msi, mengungkapkan bahwa kesempatan Sultra untuk ikut ajang pameran di Eropa merupakan wujud perhatian dari pemerintah pusat. Selain itu, dana yang digunakan dana dekon. Karena mengandalkan APBD Sultra masih sangat sulit. Dan jika dengan APBD masih banyak yang lebih prioritas dari sekedar promosi hasil-hasil kerajinan sampai ke Eropa. Itu artinya, promosi ini penting, akan tetapi kita harus pandai mencari funding sekaligus meyakinkan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: