Pemkab Bombana Terus Terbitkan KP Emas

Kendari Pos 2009-06-05/Hal 5 Bumi Anoa

Tanggal 6 Juni, atau besok deadline batas pengosongan tambang emas Bombana yang diberikan Pemkab Bombana dan Pemrov Sultra.

Adapun yang menjadi alasan pengosongan tambang emas yakni untuk mengusir para pendulang yang menimbulkan banyak masalah. Mulai dari sengketa lahan tanah dan kerusakan lingkungan lingkungan yang lebih parah. Tapi, itikad ini tidak didukung oleh Pemkab Bombana sendiri. Kenyataan selama ini, pemeririntahan dibawah Atikurrahman terus saja mengeluarkan izin Kuasa Pertambangan (KP) kepada investor penambang. Dari 14 yang dikeluarkan, kini telah tercatat 16 kuasa yang sudah diberikan kepada penanam modal dan ternyata sebagian dari rekomendasi itu telah melanggar perizinan karena langsung melakukan eksploitasi.

Wakil Bupati Bombana, Subhan Tambera, Rabu kemarin (3/6), membenarkan penambahan dua izin KP tersebut. Pasca pengosongan, seluruh KP akan tetap diberikan izin untuk beraktivitas diareal penambangan. Akan tetapi penjelasan tersebut buru-buru diralat dengan menyatakan untuk izin yang dimaksud bukan izin penambangan akan tetapi untuk pembangunan infrastruktur pabrik investor.

Subhan Tambera, juga memaparkan kondisi lokasi penambangan di Bombana saat ini rusak total. Yang sebagian besar itu ada di wilayah KP. Untuk menanggulangi hal tersebut, Pemkab Bombana meminta secara langsung hingga pasa saat MOU dengan para pemilik izin KP agar menata kerusakan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: