Warga Bertahan di Lokasi Tambang Akan Ditindak

Media Sultra 2009-06-04/Hal.7 Daerah

Menurut Wakil Bupati Bombana, Subhan Tambera, yang ditemui disela acara lokakarya nasional III P3BM program MDGs di hotel Athaya, Rabu kemarin (3/6), bahwa pihaknya menargetkan seluruh kawasan tambang emas harus kosong paling lambat 6 Juni 2009 mendatang. Namun, jika ternyata masih ada pendulang yang bertahan makan akan diberikan sanksi yang tegas termasuk pengusiran secara paksa oleh tim penertiban yang beranggotakan Pol PP dan aparat kepolisian.

Saat ini, di Kabupaten Bombana diperkirakan sebanyak 67 persen penambang telah meninggalkan lokasi tambang terutama di Bumbubanka dan di desa Tahiite.

Setelah penertiban dilakukan tanggal 6 Juni nanti maka Pemda Bombana akan segera melakukan monitoring lewat udara dengan menggunakan helipkoter untuk memastikan tidak ada lagi warga yang tinggal di kawasan tambang. Jika nyatakan kosong, maka Pemkab Bombana bersama Pemrov akan bertemu langsung guna membahas regulasi yang ditempuh pasca pengosongan kawasan tambang.

Subhan juga menambahkan, bahwa terkait dengan tambang rakyat maka Pemkab Bombana telah menyiapkan wilayah di desa Bumbubanka dan desa Tahiite yang seluas 25 ha. Sedangkan untuk perusahaan investor diminta untuk sebelumnya melakukan infrastruktur terhadap pabriknya yang akan beroperasi. Dan perusahaan tersebut harus mereklamasi lubang-lubang yang ditinggalkan penambang liar. Ini merupakan salah satu syarat MOU bagi perusahaan investor yang ingin beroperasi di Bombana, yakni mewajibkan perusahaan reklamasi terhadap wilayah-wilayah yang rusak.

Sementara itu, Nur Gubernur Sultra dalam pernyataannya kembali menegaskan bahwa warga yang masih tinggal dikawasan tambang setelah 6 Juni maka dianggap telah melanggar aturan dan harus diproses secara hukum. Nur Alam, juga meminta agar lokasi tambang harus disiapkan agar tidak saling menganggu antara tambang yang skala besar dengan tambang rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: