LSM Swami Muna: Ada Konspirasi Besar?

Kendari Ekspres 2009-06-04/Hal.9

Menurut salah satu aktivis LSM Swami, Ikhlas ditemui kemarin siang (3/6), menyatakan ada konspirasi besar di balik BB kayu jati senilai Rp 1,5 milyar yang hilang. Konsipirasi disinyalir terjadi di jajaran segitiga Kejaksaan, Dishut, dan Pemda. Panitia lelang tidak akan berani melakukan tanpa ada koordinasi dengan pimpinannya, dan pimpinannya tidak bakal berani melakukan tanpa komunikasi awal dengan kejaksaan. Ini bisa saja melibatkan koordinasi tingkat tinggi. Jika memang ini terjadi maka akan sangat sulit menemukan kembali kayunya.

Sebab, tidak mungkin Bupati tidak tahu ini, karena lelang dilakukan dengan SK Bupati. Jadi, jangankan ratusan kubik yang ada, satu potong saja pasti bupati tahu. Kemudian masalah uang, tidak ada alasan kejaksaan untuk tidak mengembalikkan sebagaimana putusan MA. Ini berarti kejaksaan telah melakukan perampasan hak.

Sementara itu, aktivis Swami lainnya, Subhan menyatakan untuk menyingkap raibnya BB kayu maka ketiga unsur diatas harus terbuka, Kejaksaan, Dishut dan panitia lelang. Ini merupakan tanggung jawab kolektif antara Kejaksaan, Dishut dan panitia lelang. Termasuk bupati dan Kardini sebagai mantan Kadishut, juga harus bertanggung jawab.

Subhan berharap jangan sampai ini jadi kebiasaan kejaksaan pada masalah-masalah yang lain, sudah sita barang bukti lalu tidak dikembalikan. Dengan terkuaknya kasus ini, sudah patut kita pertanyakan kinerja kejaksaan selama ini

Advertisements

One Response

  1. Sya kira masalah itu bukan lagi rahasia, hanya memang di Muna kesulitan membuka kasus-kasus ini,karena masyarakat tidak berdaya sama sekali,aparat pemerintah saling lirik saja kejaksaan,kepolisisan,pemda (bupati) (yang penting dapat bagian semua).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: