Dirancang, Lokasi Penambangan Rakyat

Kendari Pos 2009-06-04/Hal.1

Rabu kemarin, (3/6), Gubernur Sultra, Nur Alam mengungkapkan pasca sterilisasi areal penambangan emas di Bombana dari aktivitas pertambangan yang deadline 6 Juni 2009 mendatang, maka Pemrov Sultra bersama Pemkab Bombana akan merancang suatu kebijakan untuk menjamin ketersediaan tempat bagi penambang rakyat. Dengan tujuan, agar ke depan tidak terjadi saling menganggu antar penambang berskala besar dengan penambangan rakyat. Namun, Nur Alam tetap menegaskan tidak serta merta rakyat bisa melakukan pendulangan emas. Sebelumnya, rakyat harus terlebih dahulu tergabung ke dalam satu wadah koperasi untuk bisa mendulang. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Untuk itu, pemerintah akan menghimbau kepada masyarakat untuk membuat koperasinya terlebih dahulu.

Pernyataan Gubernur Sultra dibenarkan Wakil Bupati Bombana, Subhan Tambera, bahwa Pemkab Bombana dan Pemrov Sultra akan duduk bersama untuk membuat suatu regulasi untuk penetapan wilayah penambangan rakyat. Direncanakan untuk identifikasi tambang rakyat dari Tahiite sampai Wumbubangka. Akan tetapi, berdasarkan undang-undang yang berlaku, wilayah untuk tambang rakyat cuma 25 hektar.

Subhan Tambera, menambahkan tidak ada alasan pun yang bisa menahan warga untuk menambang kembali. Karena kalau tidak ada desakan, tidak ada alasan untuk tidak membuka kawasan tambang. Nantinya, akan diatur regulasinya dan harus pula jelas dimana lokasi tambang rakyat. Dan tentunya harus didukung dengan Perda. Perda ini sementara dalam proses di tingkat Pemkab Bombana.

Sebelumnya, pada masa jeda antara sesudah pengosongan areal pertambangan dan sebelum dibuatnya regulasi penambangan, Pemkab Bombana akan terus memantau situasi di lokasi tambang. Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Bombana akan menggunakan helikopter untuk melihat langsung dari udara kondisi areal pertambangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: