Ketakutan, Penambang Tinggalkan Lokasi Tambang

Kendari Ekspres 2009-06-03/Hal.16 Sultra Raya

Sejak operasi penyisiran atau penertiban lokasi tambang yang dilakukan Pemkab Bombana bersama Pemrov Sultra, TNI, dan Polri telah membuat para penambang ketakutan. Hal ini terlihat langsung, para penambang bergegas meninggalkan lokasi tambang emas Bombana Kecamatan Rarowatu dan Rarowatu Utara.

Berdasarkan hasil pantauan wartawan koran ini, pada sejumlah gerbang atau pos penjagaan di Kecamatan Rarowatu Utara terlihat sejak pekan lalu, ratusan penambang silih berganti meninggalkan lokasi tambang baik menggunakan motor maupun mobil. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di  Kecamatan Rarowatu Utara nampak dipadati penambang dengan serta membawa barang-barang milik mereka..

Keluarnya ratusan penambang dari lokasi tambang ikut mempengaruhi jumlah penumpang kapal laut dan angkutan darat membludak. Hal tersebut diakui oleh sejumlah sopir angkutan Bombana-Kendari, Bombana-Pomalaa, serta para ABK kapal penumpang Bombana-Raha serta sejumlah kapal laut lainnya.

Sementara itu, menurut sejumlah penambang yang ditemui diterminal Kasipute bahwa mereka berniat untuk pulang kampung khususnya penambang yang kampungnya masih di wilayah Sultra tapi, ada juga yang ngotot untuk bertahan di Bombana, meskipun harus mencari pekerjaan lain selain menambang. Hal ini menjadi pilihan bagi penambang dari luar Sultra seperti Manado, Palu, Jawa, Kalimantan, dan Sulsel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: