Tambang Emas Kembali Ditertibkan

Kendari Ekspres 2009-06-2/Hal.16 Sultra Raya

Untuk menindaklanjuti surat Gubernur Sultra Nomor 545/1793 tanggal 8 Mei 2009 perihal dari hasil rapat koordinasi penanganan masalah pertambangan emas di Bombana. Maka tim terpadu Pemkab Bombana akan bekerjasama dengan Pemrov Sultra, TNI, dan Polri akan melakukan penertiban pertambangan emas di Bombana yang rencananya digelar mulai tanggal 1 sampai tanggal 5 Juni 2009 mendatang.

Pemkab Bombana juga telah meminta  bantuan personil baik dari pihak Polres Bombana maupun dari beberapa aparat pengamanan. Hal ini terkait dengan surat Pemkab Bombana tanggal 25 Mei 2009, yang ditandatangani Subhan Tambera SE, MSi, Wakil Bupati Bombana. Dalam surat bernomor 540/485/2009 dijelaskan bahwa upaya penertiban pertambangan emas dilakukan selama 10 hari, yang mana melalui dua tahap. Tahap pertama, sosialisasi yang akan digelar 27-31 Mei 2009. Dan untuk tahap kedua, penindakan yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 1 sampai 5 Juni 2009.

Menurut Ketua tim penertiban tambang emas Bombana, Ir Slamet Rigay ST Msi, mengungkapkan bahwa membludaknya kembali penambang emas yang ingin mendulang membuat Pemkab Bombana khususnya tim terpadu tidak akan membiarkan hal tersebut. Timnya akan tetap melakukan penyisiran guna mengeluarkan penambang emas dari lokasi tambang sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena selama ini belum ada izin yang dikeluarkan pihak Pemkab Bombana untuk melakukan pertambangan rakyat atau aktivitas pendulangan.

Kabar akan adanya penertiban pertambangan emas nampaknya sudah sampai kepada pendulang. Pasalnya, sejak pekan lalu, ratusan penambang mulai keluar dari lokasi dengan serta mengamankan barang dan peralatan milik mereka terutama mesin penyedot.

Menurut salah satu penambang, Iswar, menyatakan untuk sementara waktu mereka berusaha keluar dari lokasi tambang karena akan ada penyisiran termasuk mesin-mesin milik pendulang sudah diamankan disekitar lokasi tambang, karena jika mau turut dibawa keluar akan repot nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: