Sangsi Buang Sampah Sembarangan

Media Sultra 2009-06-02/Hal.6 Ibukota

Mulai hari ini, denda Rp 50 ribu diberlakukan bagi siapa saja yang membuang sampah disembrangan tempat. Konskuensi ini berlaku bagi si oknum, baik PNS ataupun masyarakat sipil lainnya.

Kabag Humas Pemkot, Heryanto Sada, SP Msi saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (1/6) menyatakan bahwa sebagai langkah awal kita akan mulai penerapannya di kantor Walikota. Jadi kedapatan langsung dikenai denda Rp 50 ribu ditempat. Hal ini dilakukan Pemkot sebagai bentuk upaya menciptakan budaya bersih dan areal bebas sampah berserakan di Kota Kendari, termasuk mengejawahtahkan Perda K3 yang belum maksimal aplikasinya pasca ditetapkan lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Keputusan ini akan di follow up dengan penertiban SK Walikota Kendari, untuk menguatkan landasan hukum penerapan denda tersebut, sehingga tidak ada lagi klaim oknum yang melakukan pelanggaran. Selain itu, Pemkot sudah mensosialisasikan aturan tersebut dikalangan internal kantor Walikota agar menjadi perhatian kita semua.

Untuk kedepannya, hal ini akan pula diberlakukan di kantor-kantor SKPD kota area publik yang memang harus steril dari sampah ataupun puntung rokok. Terkait dengan petugas yang akan melakukan pemantauan terhadap pembuang sampah atau bagi penikmat rokok agar tidak lagi membuang sampahnya sembarangan tempat. Sambil menunggu SK Walikota, maka pengawasan akan dilakukan oleh Sekot, Kaharudin Hamiaso, tiga Asisten dilingkup Pemkot Kendari dan para kepala SKPD. “Untuk menciptakan budaya bersih, aturan ini harus betul-betul kita tegakkan”, ungkap Heryanto.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: