Persoalan Umpan Kembali Dikeluhkan Nelayan

Media Sultra 2009-06-02/Hal.2 Ekonomi

Pada saat bertemu dengan perwakilan nelayan dan pengusaha ikan diruang rapat Kantor Walikota Baubau, Sabtu malam lalu, (30/5). Walikota Bau-bau MZ Amirul Tamim menyatakan bahwa selama ini nelayan di Kota Baubau masih mengeluhkan sulit mendapatkan  umpan.

Salah satu nelayan Kelurahan Bone Bone, La Mani menyatakan selama ini salah satu masalah pokok nelayan di Kota Baubau yakni umpan. Saat ini sangat langka ditemukan, dan kalaupun ada harganya selangit. Akibatnya hasil tangkapan para nelayan tidak sesuai dengan harapan mereka. “Umpan sangat sulit. Apalagi musim barat, untuk itu kami berharap hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan pemerintah Baubau untuk mencarikan solusi dan kemudahan bagi nelayan untuk mendapatkan umpan.

“Kita akan upayakan solusinya untuk meningkatkan produktivitas nelayan dengan mutu yang bisa bersaing”, ungkap Amirul. Dalam pertemuan tersebut, Walikota Baubau berjanji akan segera mencari solusi terkait dengan keluhan para nelayan selama ini. Sehingga, akan memudahkan para nelayan dan mendapatkan hasil maksimal, serta dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan itu sendiri.

Sementra itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Baubau, Ir Sumardjo, MM menyatakan selain nelayan mengeluhkan umpan, nelayan juga mengeluhkan tidak punya arah untuk mencari ikan sehingga pihaknya akan menyiapkan rumpon untuk menampung ikan.

Nantinya rumpon ikan-ikan akan dikumpul dan nelayan bisa langsung menuju sasaran dan tidak harus lagi berputar-putar untuk mencari ikan. Selain itu, dalam pengelolaan ikan akan menjadi perhatian utama karena selama ini nelayan Baubau hanya bisa menjual ikan dalam bentuk gelondongan saja. Persoalan ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan nelayan Baubau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: