Pemda Bombana Akan Sweeping Penambang Ilegal

Media Sultra 2009-06-02/Hal.7 Daerah

Hasil rapat koordinasi lingkup Pemda Bombana diputuskan bahwa Pemda akan menindak para penambang illegal di lokasi, baik yang menggunakan mesin modern maupun menggunakan alat tradisional.

Adapun langkah penertiban kawasan tambang dilakukan selama enam hari mulai tanggal 1 sampai Juni 2009 mendatang. Operasi tersebut akan diback up langsung satuan pengamanan dari Pol PP Pemkab Bombana, aparat kepolisian dan jajaran TNI sekabupaten Bombana. Dimana strategi pengamanan akan dibagi empat kelompok meliputi Zona Tahiiite, Wumbubangka, SP 8 dan Barito.

Selain itu, dari hasil rapat juga disepakati tidak ada toleransi apapun bagi para penambang illegal. Pemda Bombana serta unsur Muspida berkomitmen akan menindak tegas oknum penambang yang melanggar aturan pemerintah.  Ada beberapa poin kesepatan yakni Pertama, Pemda akan mengamankan alat yang digunakan menambang dan memproses pelakunya sesuai dengan hukum yang berlaku. Kedua, tidak akan mentolerir pembangunan rumah semi permanen dilokasi tambang. Dan Ketiga, Pemda akan memutuskan akses jalan masuk bagi penambang illegal di kawasan pertambangan.

“Pasca pengosongan kawasan tambang maka Pemda akan segera merumuskan strategi baru untuk pengelolaan pertambangan”, ungkap Kadis Pertambangan Kabupaten Bombana, Cecep Trisjayadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: