Atasi Banjir Pemkab Baru Bentuk Tim

Kendari Pos 2009-06-02/Hal.5 Bumi Anoa

Setelah mendapat sorotan, jajaran Pemkab Kolaka mulai memperlihatkan keseriusan untuk mengantisipasi banjir yang menjadi keluhan warganya. Kemarin, dilakukan pertemuan sektoral diruang rapat Bupati, yang dipimpin langsung Sekab Kolaka, Andi Syahrudin, dengan hasil rapat akan dibentuk tim penanggulangan yang akan menuntaskan persoalan ini.

Rapat ini dihadiri Dinas teknis seperti PU, Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan hingga Dinas Pertambangan dan Energi, termasuk Dinas Perhubungan. Usai rapat Andi, mengungkapkan bahwa persoalan banjir bukanlah kesalahan masyarakat. Sebab menurutnya, saluran drainase yang berdimensi kecil jadi salah satu alasan terjadinya banjir.

Semenatra itu, Arman Wahab sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kolaka mengungkapkan bahwa persoalan drainase masih perlu pembenahan dan melibatkan semua sektor terkait. Karena selama ini belum ada koordinasi antar instansi yang ikut memperparah dampak yang ditimbulkan. Seperti penempatan pipa air minum milik PDAM disekitar saluran pembuangan ikut mempersempit drainase. Ditambah lagi, sampah yang memenuhi pipa dan saluran tersebut sehingga menyumbat aliran air.

Untuk itu, pihaknya sedang membuat gorong-gorong di sekitar Jalan Usman Rencong, kawasan inilah yang paling parah terkena banjir lumpur. Menurut salah satu warga jalan Chairil Anwar Kelurahan Lamokato menngungkapkan dirinya mengalami kerugian akibat banjir tersebut, Dipastikan setiap hujan kawasan tempatt tinggalnya akan kebanjiran disertai sampah. Seperti diketahui, ratusan rumah penduduk ikut rendam lumpur akibat hujan yang kerap menggujur kota Kolaka beberapa minggu ini. Selain itu, pemukiman warga, sekolah, dan sarana umum lainnya ikut lumpuh akibat banjir, bahkan ada beberapa sekolah meliburkan siswanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: