Agar-agar Mampu Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Kendari Ekspres 2009-06-02/Hal.3 Ekonomi

Pembudidayaan agar-agar yang terus dikembangkan oleh sejumlah petani rumput laut di Kabupaten Buton, dipastikan akan meningkatkan pendapatan ekonomi sejumlah keluarga petani di Kabupaten Buton. Apalagi bila didukung dengan potensi wilayah Kabupaten Buton yang 90 persen wilayahnya merupakan wilayah pesisir.

Menurut Drs. Lutfi Hasmar S. Sos Msi, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton, mengungkapkan bahwa budidaya agar-agar dikerjakan melalui tingkatan anak-anak hingga orang dewasa, sehingga dinilai mempunyai pengaruh cukup signifikan dalam peningkatan ekonomi keluarga petani. Lebih lanjut, Lutfi berharap agar budidaya agar-agar dikerjakan dengan sistem yang benar dan tepat. Sehingga hasilnya akan melimpah.

Sementara itu, Menurut Prof Dr. Jana  T. Anggadiredja, MS dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), menyatakan bahwa di Kabupaten Buton sangat berpotensi untuk budidaya agar-agar. Hanya saja, petani belum memiliki pengetahuan mengenai teknik budidaya rumput laut utamanya dalam pemilihan bibit, jarak ikat, dan tentu saja pemilihan lokasi. Selain itu, petani masih banyak yang menggunakan pupuk. Untuk itu bantu petani kita, tidak perlu menggunakan pupuk justru akan menambah biaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: