Pendulang Mulai Meninggalan Bombana

Kendari Pos 2009-06-01/Hal.5 Bumi Anoa

Pendulang dan pedagang yang beraktivitas di kawasan tambang berangsur-angsur mulai meninggalkan lokasi pertambangan. Sedangkan mereka masih bertahan, sudah mulai berkemas keluar dari zona tambang Bombana. Padahal penyisiran tambang emas Bombana baru dimulai ini hari (1/6).

Menurut Kadistamben Bombana, Cecep Tinajayadi bahwa saya baru saja kembali dari lapangan memantau perkembangan sosialisasi. Dari hasil pemantaun saya sebagaian besar pendulang dan pedagang sudah bergerak meninggalkan lokasi pertambangan. Namun, dirinya belum bisa memprediksi seberapa banyak pendulang akan keluar sendiri dari lokasi sebelum tim terpadu melakukan penyisisran hari ini. Berdasarkan pengamatan Cecep seharian kemarin, dibeberapa wilayah seperti Tahi Ite, SP 8 dan SP 9, pendulang beraktivitas di zona itu selama tiga bulan terakhir mulai terlihat berkurang.

Bahkan sore kemarin, para pendulang semi modern yang beraktivitas menggunakan mesin muli berkemas mengangkat peralatannya. Untuk hari ini, tim terpadu akan mulai mensterilkan zona tambang emas Bombana. Semua wilayah yang masih dijumpai pendulang dan pedagang akan dikeluarkan.

“Penyisiran kemungkinan kami mulai usai Dzuhur, karena kami terlebih dahulu menunggu personil Brimob dan TNI dari Korem yang berangkat dari Kendari”, ungkap Asisten I Pemkab Bombana, Slamet Rigay.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: