Hutan Bakau Buton Utara Jadi Objek Wisata

Media Sultra 2009-06-01/Hal. 7 Daerah

Sekitar 8.000 hektare areal hutan bakau dari 25.000 hektare luas hutan di Kabupaten Buton Utara (Butur) akan dikembangkan menjadi kawasan wisata. Menurut Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Butur, Ir Hado Hasima, di Jakarta, kemarin bahwa hutan bakau memuliki fungsi sangat penting. Selain, memberi nilai ekonomi masyarakat sekitarnya, hutan bakau juga bisa mencegah abrasi, menimallisasikan dampak gelombang pasang, dan terpenting adalah dapat membantu mengurangi pemanasan global.

Kawasan hutan bakau di dua kecamatan di Kabupaten Buton yaitu di Teluk Kulisusu dalam dan wilayah Burranga pusat ibukota kabupaten, sementara dalam proses desain penetapan wilayah sekaligus akan mengubah kabupaten itu sebagai pusat kawasan budi daya laut.atau disebut “Marine culture estate”.

Program budi daya laut dimaksudkan agar bakau yang ada di kawasan itu tetap terjaga kelestariannya dengan memadukan program diversifikasi untuk pengembangan kepiting bakau, keramba apung tikus dan budidaya rumput laut.

Sekarang ini pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Butur sedang mengkaji tata kota dengan bekerjasama Universitas Indonesia (UI) atas persetujuan DPRD kabupaten. Dengan melibatkan perguruan tinggi sebagai pengkaji desain kota, maka Butur merupakan satu-satunya wilayah kabupaten di Sulawesi dan bahkan di Tanah air memiliki hutan mangrove dan kota sekaligus menjadi objek wisata.

Untuk tindak lanjut pengembangan budidaya mangrove, Pemkab Butur akan segera mengirim tim khusus ke luar daerah utnuk mempelajari pengembangan hutan bakau di daerah itu. Pulau Bintan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sukses mengembangkan bakau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: