Banjir Lumpur Baru Didiskusikan Dewan

Kendari Pos 2009-06-01/Hal. 5 Bumi Anoa

Banjir kembali menggenangi rumah-rumah warga di kota Kolaka, banjir lumpur sudah menjadi langganan masyarakat setiap hujan mengguyur kota Kolaka. Perhatian wakil pemerintah di DPRD baru terlihat pakan lalu. Dalam diskusi kecil para dewan rakyat mulai menggagas kembali tata sistem drainase di otoria kendali Buhari Matta.

Menurut Parmin Pasir, senator PAN bahwa pemerintah khususnya instansi terkait untuk lebih fokus memperhatikan banjir yang terus mengguyur Kota Kolaka. Nantinya, dalam pembahasan APBD 2010 mendatang, harus lebih banyak mengarahkan kebijakan untuk mengatasi persoalan kota seperti banjir lumpur.

Sementara itu, Asman Aras dari PKS menyatakan bahwa instansi terkait harus melakukan kajian lebih mendalam tentang penataan kota, desain yang dibuat harus pula memperhatikan perkembangan kota Kolaka di masa akan datang. Selain itu, Muchtar Muis, menyarankan agar warga diminta melapor ke wakil rakyat sehingga laporan tersebut bisa ditindaklanjuti dengan memanggil instansi terkait. Sedangkan Hasdin Aldjuddawi dari anggota Komisi A, menyorot persoalan konsep tata kota ke depan yang seharusnya bisa mengantisipasi perkembangan wilayah ke depan. Terkait dengan masalah lingkungan, Hasdin juga menyoroti banyaknya wilayah hutan lindung yang sudah beralih fungsi, menjadi rumah pemukiman warga bahkan ada yang sudah berstatus desa.

Seharusnya Pemkab Kolaka sudah melaporkan ke dewan, terlebih lagi melapor kepada Menteri Kehutanan soal alih fungsi hutan untuk mendapatkan izin pinjam pakai kawasan. Seperti contoh, beberapa areal hutan lindung yang sudah berstatus desa seperti Pundaipa, kecamatan tanggetada, Desa Taore di Lambandia, desa Pokrea Kecamatan Ladongi dan beberapa wilayah di kecamatan Uluiwoi, padahal kawasan itu bukan Areal Penggunaan Lain (APL).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: