Warga Dihimbau Gunakan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Media Sultra 2009-05-29/Hal. 7 Daerah

Nursaleh S.Pd  selaku Camat Wangi-Wangi Selatan meminta kepada seluruh warganya agar menangkap ikan dengan mengggunakan alat yang ramah lingkungan. Tujuannya agar lingkungan kelautan kita tetap lestari. Selain itu, tujuan lainnya dapat mendukung visi Pemda Wakatobi yakni terwujudnya Surga Nyata Bawah Laut di Pusat Segi Tiga Karang Dunia. Tanpa dukungan semua warga maka akan sangat sulit mencapai visi tersebut.

“Mari kita budayakan. Dengan kita membudayakan cara penangkapan yang ramah lingkungan, secara otomatis kita telah mendukung dua sektor utama daerah, ungkap Nursaleh, Kamis, (28/5). Dua sektor tersebut antara lain sektor perikanan dan sektor pariwisata. Menurut Nursaleh, dirinya selalu menyampaikan hal ini dalam setiap pertemuan, misalnya melalui program safari jumat di mesjid yang ada. Untuk mendorong terlaksananya visi tersebut maka diperlukan dukungan dari masyarakat untuk dibangunnya tata laksana pemanfatan laut (Zonasi). Pentingnya zonasi dapat dimanfatkan bagi keberlanjutan biota laut yang merupakan jaminan masa depan masyarakat Wakatobi.

Secara rinci dijelaskan bahwa di daerah lain mungkin banyak bergantung pada sektor pertanian atau perkebunan yang dapat bermanfaat  untuk memberi penghasilan bagi warganya. Tapi kalau di Wakatobi, tidaklah demikian.

Wakatobi memiliki luas laut 97 persen selebihnya daratan, tentunya jika tidak  diperhatikan dan dimanfaatkan sejak dini maka ke depannya kita akan mengalami kesulitan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: