Lutfi Hasmar Bangun Kebun Pembibitan Rumput Laut

Kendari Ekspres 2009-05-29/Hal.9 Baubau Ekspres

Sebagai pejabat baru di Pemkab Buton, Drs. H. Lutfi Hasmar, SSos. Msc, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton membuat gebrakan dengan membuat kebun pembibitan rumput laut. Adapun lokasi yang dipilih adalah Desa One Wara kecamatan Lakudo masing-masing terdapat dua tempat yang seluas 1 hektar. Adapun lokasi pertama akan dipusatkan di laut One Waara dan untuk lokasi kedua akan tempatkan di perairan Wamengkoli yang masih merupakan kawasan Desa One Waara.

Menurut Lutfi, selama ini petani rumput laut cukup kesulitan untuk memperoleh bibit rumput laut. Bahkan petani bisa sampai ke Kapontori atau Batauga untuk mendapatkan bibit. Selain itu, kondisi alam yang tidak menentu bisa menghalangi petani rumput laut untuk mendapatkan bibit.

Pada saat mendampingi peneliti BPPT  dari Kementrian Riset dan teknologi Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Desa One Wara, Kepala Sub Bidang Humas Media cetak radio dan televisi, Alimuddin Matu S.Pd mengungkapkan bahwa kebun bibit tersebut akan diawasi langsung oleh para ahlinya sehingga kualitas bibit dihasilkan berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pada kesempatan tersebut, para petani dibekali ilmu tentang pembudidayaan rumput laut. Mulai dari cara mengikat, waktu akan panen, sampai bagaimana menjemur rumput laut secara benar. Gebrakan dari Lutfi disambut baik oleh masyarakat Desa One Waara. “Hari ini ibaratnya kami mendapat durian runtuh”, selain memperoleh pengetahuan tentang pembudidayaan rumput laut, para petani juga diberi bibit yang berkualitas, ungkap Alimuddin yang mengutip perkataan salah satu warga Desa One Waara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: