PT Panca Logam Target Beroperasi Agustus

Kendari Ekspres 2009-05-26-Hal.1

Dalam pertemuan dengan jajaran Redaksi kendari Ekspres pekan lalu  Humas   PT Panca Logam Makmur yang diwakili oleh Lukman Aziz, mengungkapkan secara gamblang bahwa keseriusan PT Panca Logam untuk melakukan pengelolaan tambang emas di Bombana dibuktikan dengan berdirinya  sebuah kantor yang meski diakui belum 100 persen fasilitasnya lengkap. Tetapi bangunan kantor tersebut  kini sudah bisa digunakan.

Lukaman Aziz juga meralat kesalahan pemberitaan sebelumnya terkait sejumlah data-data ataupun informasi seputar PT Panca Logam, dalam pertemuan tersebut juga dipaparkan  secara rinci dan jelas diantaranya bahwa saat ini pihaknya hanya memiliki izin KP yakni 1200 hektar dan bukan 1600 hektar. Dari jumlah tersebut hanya 684 Ha merupakan HPL sedangkan sisanya masih merupakan hutan produksi dan hingga sekarang belum bisa diganggu gugat karena  masih menunggu izin dari Menteri Kehutanan RI.

Dalam penjelasannya, Lukman juga mencoba meluruskan tentang pemberitaan  PT Panca Logam telah melakukan produksi emas per hari mencapai 1 kilogram adalah tidak benar. “Jangankan untuk mendapat 1 kilogram emas, 1 gram emas saja dalam sehari itu masih sulit didapatkan” ungkap Lukman.

Menurut Lukman, saat ini pihaknya memastikan sekitar 90 persen persiapannya telah rampung. Kami tinggal menunggu mesin yang kami pesan dan sedang dibuatkan di Australia. Insya Allah Agustus 2009 ini sudah bisa beroperasi.

Jika prosesnya telah rampung maka penambangan emas di Bombana oleh PT Panca Logam tidak lagi didukung dengan kelengkapan surat izin KP dan dokumen-dokumen lainnya termasuk Amdal yang selama ini dijadikan polemik oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab.

Otomatis dengan eksisnya PT Panca Logam setidaknya membawa dampak terbukanya lapangan pekerjaan besar-besaran di Kabupaten Bombana. Informasi  yang diperoleh wartawan Kendari Ekspres langsung dari PT Panca Logam menyebutkan sekitar seribuan tenaga kerja yang dibutuhkan dan itu diupayakan menjaring tenaga kerja lokal. Untuk saat ini saja, dari 250 tenaga kerja yang ada, sekitar 170 merupakan warga lokal Bombana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: