1000 Personil Disiapkan Usir Pendulang

Kendari Pos 2009-05-26/Hal. 5

Senin kemarin , (25/5) Pemkab Bombana bersama Muspida setempat menggelar rapat untuk membahas rencana pengosongan zona emas Bombana jilid dua. Wakil Bupati Bombana, Subhan Tambera mengungkapkan untuk mensterilkan kembali kawasan tambang emas tetap dilakukan sesuai jadwal yang disepakati Pemrov beberapa waktu lalu.

Salah satu hasil rapat tersebut adalah diputuskan beberapa tahapan yang dilakukan sebelum pengosongan dilaksanakan. Untuk tahap pertama, adalah sosialisasi yang akan dilakukan selama empat hari mulai tanggal 26 samapi 30 Juni. Rentan waktu tersebut, maka tim terpadu Pemkab Bombana dan Pemrov  Sultra akan menyampaikan himbuan kepada seluruh pendulang agar segera meninggalkan lokasi pertambangan sesuai batas waktu yang tentukan. Tahapan kedua, adalah pengosongan. Waktu pelaksanaan dimulai tanggal 1 samapi 6 Juni. Selang waktu tersebut maka pendulang tradisional maupun semi modern harus keluar dari zona tambang.

Jika ada yang masih bertahan dilokasi tambang emas maka tim terpadu tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas dengan mengusir paksa atau menyita peralatan mereka. Tim terpadu telah menyiapkan personil keamanan untuk memback-up rencana pengosongan tambang emas Bombana.

Menurut Subhan Tambera, nantinya personil yang akan dilibatkan berkisar 1000 orang. Mereka terdiri dari personil polisi, TNI, Pol PP, serta beberapa unsur keamanan lain termasuk dari dinas teknis lainnya.

Selama masa pengosongan nanti, kawasan tambang emas Bombana akan dibagi menjadi empat kawasan. Dua zona di Tahi Ite dan dua zona di Wububangka. Adapun tujuan dari pembagian tambang tersebut tidak lain untuk mengefesienkan waktu pengisiran .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: