Pembangunan Kantor PT.Panca Logam Hampir Rampung

Kendari Ekspres 2009-05-25/Hal.16

Pembangunan kantor PT Panca Logam sebagai salah satu investor penambang emas di Bombana, yang telah memiliki izin eksploitasi akan segera selesai. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Humas PT Panca Logam Makmur, Lukman Aziz. Menurut Lukman, “Kantor tersebut dalam proses pembangunan yang sudah mencapai 90 persen”.

Lukman membantah jika selama ini PT Panca Logam Makmur sebagai investor di Bombana dibekingi oleh kalangan elite politik yang ada di Bombana. Lukman menambahkan bahwa sekarang ini PT Panca Logam belum sepenuhnya melakukan proses produksi. Jadi, tidak benar apabila dikatakan sehari rata-rata PT Panca Logam menghasilkan 1 kilo karena kenyataan dilapangan hasil yang di dapat masih sedikit. “Jangankan satu kilo per hari untuk setengahnya saja kami tidak dapat”, ungkap Lukman.

Pihaknya juga menuturkan tentang izin KP yang dimiliki PT Panca Logam  sebanyak 1.600 hektar melainkan 1.200 hektar. Dimana dari jumlah tersebut 684 hektar termasuk APL sedangkan sisanya masih termasuk hutan produksi yang tidak bisa diganggu gugat PT Panca Logam karena masih menunggu izin dari Menteri Kehutanan.

Terkait dengan perekturan tenaga kerja PT Panca Logam akan memberdayakan masyarakat lokal yang ada di Bombana. Selain itu, pihaknya juga telah menggelar sosialisasi kepada masyarakat Bombana khususnya yang berdomisili dikawasan KP. Sosialisasi tersebut cukup mendapat respon dari masyarakat Bombana. Adapun unek-unek masyarakat Bombana selama ini terutama permintaan untuk perbaikan infrastruktur akan segera direalisasikan oleh perusahaan tersebut. Seperti pengaspalan jalan mulai gerbang masuk Kelurahan Aneka Marga Kecamatan Rarowatu Utara hingga ke lokasi tambang.

Sementara itu, belum lama ini sejumlah masyarakat Bombana yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Peduli Masyarakat (Apekat) Bombana melakukan aksi demo di depan kantor Bupati Bombana sebagai bentuk dukungan terhadap PT Panca Logam Makmur Karena perusahaan tersebut telah memiliki Amdal dan telah sah secara hukum untuk melakukan aktivitas penambangan.       

2 Responses

  1. mau tanya alamat dan contack person PT. Panca Logam makmur, di bombana

    Thanks
    andy

  2. hubungi saja humas Panca Logam : Pak Lukman, 081511198989

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: