Tuntas, Identifikasi Tanah Zona Emas

Kendari Pos 2008-05-22/Hal.9 Metro

Tim sengketa tanah Pemrov Sultra telah selesai melakukan identifikasi di sejumlah lahan di Wububangka Bombana, Selasa lalu (19/5). Menurut Ketua identifikasi Nasir Andi Baso bahwa tim identifikasi sudah turun. Ada dari BPN Sultra, BPN Buton, dan BPN Bombana, dan hasilnya pun sudah ada, tapi belum bisa dibeberkan dipublik, karena masih mau dirunut dan telaah lebih dalam,

Berdasarkan temuan dari tim identifikasi dilapangan bahwa batas dan ukuran tanah yang disengketakan selama ini sudah sesuai dengan keinginan masyarakat setempat. Namun, saat ini mau identifikasi, apakah masuk di SP 8 atau tidak. “Mau tahu, tanah itu milik negara atau rakyat, kalau tanah itu tidak pernah ditanami berarti tanah negara”, ungkap Nasir.

Hasil identifikasi nantinya akan dibicarakan secara komprehensif dengan pihak terkait, karena tanah tersebut tidak hanya menjadi barometer tapi juga dari sisi ekonomi, investor, dan pemerintah. 

Dalam hal ini perlu dipahami juga keinginan dari pemerintah daerah (Pemkab Bombana) untuk memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya. Sedangkan dari pihak investor yang sudah mendapatkan izin KP dari Pemkab Bombana perlu juga diperhatikan. Inilah akan ditelaah dan komunikasikan dengan baik.

Untuk itu, Nasir mengharapkan agar masyarakat Bombana memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk menyelesaikan sengketa tanah ulayat yang membutuhkan waktu tidak singkat. Karena data yang diperoleh masih data rekonstruksi awal. Baru ditahu tapal, luas, dan batasnya. Oleh karena itu, masih perlu dikembangakan lagi, dan harus ditindaklanjuti dengan hasil data dari Dinas Pertambangan, Kehutanan, dan BPN.

Tim identifikasi ini nantinya tidak hanya menyelesaikan kasus sengketa tanah di Bombana tetapi juga sengketa yang terjadi di wilayah Sultra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: