12 Investror Emas Lapor Dinas ESDM

Kendari Ekspres 200-05-22/Hal.8

Menurut Ir. Muh. Hakku Wahab, Kepala Dinas ESDM Sultra bahwa 12 investor telah mendapatkan  Izin Kuasa Pertambangan (KP) dari Pemkab Bombana dan menyatakan kesediannya untuk segera melakukan kegiatan eksplorasi tambang emas di Bombana.

Ke-12 investor tersebut telah melapor langsung ke Dinas ESDM setelah mendapat desakan dari Pemrov Sultra, dari hasil pertemuan 6 Mei lalu. Ke-12 investor tersebut antara lain PT Cakrawala Indonesia Timur, Dian Anugrah Persada, Citra Nuansa Selaras, Mega Cipta Kharisma Selaras, Talenta Bina Persada, Tiran Indonesia, Duta Nusa Utama Raya, Sumber Alam Mega Karya, Panca Logam Nusantara, Anugrah Alam Buana Indonesia, Panca Logam Makmur, dan Agra Mining.

Diantara ke-12 investor tersebut hanya dua investor yakni Panca Logam Makmur, dan Tiran Indonesia yang sudah mengajukan ke tahap eksploitasi. Keduanya sudah siap untuk mengelola emas Bombana sesuai dengan izin KP yang dimiliki.

Terkait dengan pembebasan tanah yang diklaim oleh masyarakat Bombana sebagai tanah ulayat, masih dalam tahap identifikasi. “Jika lahan dikuasai perusahaan tersebut benar tanah ulayat maka pihak perusahaan harus mengganti rugi. Apapun modelnya yang penting sama-sama menguntungkan”, ungkap Hakku Wahab, Senin (18/5).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: