Pemda Bombana Sepakat Tutup Penambangan Emas

Media Sultra 2009-05-20/Hal.1

Pemerintah daerah (Pemda) Bombana akan menutup sementara waktu semua  aktivitas penambangan emas, baik yang dilakukan secara manual oleh masyarakat setempat maupun yang dilakukan oleh para investor yang belum mendapat izin eksplorasi maupun eksploitasi.

Menurut Asisten I Pemda Bombana, selaku ketua tim penertiban saat bertemu dengan sejumlah wartawan di Kasipute, Senin (18/5) bahwa pemberian batas waktu yang diberikan kepada pendulang untuk segera meninggalkan lokasi tambang paling lambat 6 Juni. Penutupan tambang emas oleh Pemda dilakukan dari hasil kesepakatan Pemrov Sultra dengan Pemda Bombana. Dengan penutupan tambang emas maka pihak dari Pemda Bombana akan segera menyelesaikan konflik agraria antara pemilik tanah ulayat dengan pihak investor. Dengan cara,  Pertama, mengindentifikasi lahan-lahan warga yang termasuk kawasan tambang, Kedua, memverifikasi luasan pertambangan izin KP yang kemungkinan menurut Pemrov tidak melalui jalur prosedural dan Ketiga, menata ulang wilayah pertambangan rakyat maupun investor.

Pemda Bombana telah meminta bantuan dari Polres setempat untuk segera melakukan swiping Bahan Bakar Minyak (BBM) disetiap wilayah terutama di daerah perbatasan.

Ditempat berbeda, Rekson salah satu penggagas pemekaran Kabupaten Bombana menyatakan “Jika Pemda tidak segera menata ulang maka konflik horizontal akan berkepanjangan. Kami melihat banyak pelanggaran yang dilakukan oleh investor dan Pemda Bombana”.

Terkait dengan izin KP, Pemda Bombana telah mengeluarkan 11 izin KP kepada sejumlah investor dan satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dikeluarkan Gubernur Sultra, Nur Alam. Tapi, dari sekian banyak izin KP yang dikleluarkan hanya dua izin KP yang memilki izin eksploitasi yakni PT. Panca Logam Makmur dan PT. Tiram Indonesia. Khusus PT. Panca Logam Makmur saat ini telah digugat oleh warga setempat yang diduga telah melakukan penambangan di tanah ulayat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: